Tingkatkan sistem penyimpanan vaksin agar semakin efisien, merupakan hal yang sangat penting. Selain berpengaruh pada penurunan konsumsi daya semata, cara ini efektif menekan biaya operasional sekaligus tingkatkan laba. Lalu bagaimana cara tingkatkan efisiensi cold room storage ? Simak ulasannya berikut.

Cara Meningkatkan Efisiensi Cold Storage

1. Kontrol Otomatis

Sebelum mengetahui cara meningkatkan efisiensi cold storage, perlu Anda ketahui bahwa sistem pendingin merupakan bagian yang paling banyak konsumsi energi dibandingkan dengan komponen ruangan pendingin lainnya. Berkat teknologi, kini sistem pendingin telah mengandalkan sistem CO2 yang diklaim lebih hemat energi.

Sayangnya Anda harus rela mengeluarkan anggaran sedikit lebih tinggi di awal penggunaan. Tingginya anggaran yang dikeluarkan, dianggap sebanding dengan tingkat keamanan serta hemat energi sekitar 20% jika dibandingkan dengan sistem amonia. Selain itu, Anda perlu memeriksa saluran pipa pada cold storage sebelum digunakan.

Sebab pipa yang sudah usang tentunya mengalami penurunan tekanan yang dapat mengakibatkan peningkatan pada konsumsi energinya. Alhasil Anda harus mengeluarkan dana lebih karena tagihan listrik kian membengkak. Namun tidak perlu khawatir, karena Anda bisa menjadikan konsumsi daya cold room storage lebih efisien melalui kontrol otomatis.

Kontrol otomatis dapat membantu mengoptimalkan daya yang dibutuhkan oleh evaporator, kondensor, hingga kompresornya sendiri. Berkat adanya teknologi tersebut, Anda dapat memantau konsumsi daya yang dibutuhkan agar tidak terjadi perubahan suhu pada ruangan penyimpanan vaksin dalam kurun waktu tertentu.

Dengan kata lain, sistem kontrol ini dapat menekan konsumsi energi listrik agar mesin beroperasi maksimal dengan cara memberikan batasan. Hanya saja kondisi ini dapat dilakukan ketika kondisi memungkinkan menggunakannya. Ketika terlalu beresiko, otomatis Anda perlu mempertimbangkan kembali untuk menerapkannya.

2. Automated Storage and Retrieval System

3 Cara Tingkatkan Efisiensi Cold Room Storage

Automated Storage and Retrieval System atau disingkat menjadi ASRS merupakan salah satu cara jitu meningkatkan efisiensi cold room storage. ASRS akan berperan penting dalam mengatasi jumlah tenaga kerja melalui robot robot yang dapat bekerja otomatis. Hanya saja Anda harus rela mengeluarkan anggaran cukup tinggi sebelum mendapatkan keuntungannya.

Tentunya besaran anggaran yang harus dikeluarkan dianggap menjanjikan untuk efisiensi energi listrik cold storage di masa mendatang. Sehingga tidak ada salahnya mengandalkan ASRS sebagai solusi permasalahan satu ini. Uniknya, perangkat canggih ini tidak membutuhkan penerangan internal layaknya mesin pada umumnya.

Alhasil Anda tidak perlu takut tagihan listrik membengkak ketika menggunakannya. Alih alih menambah konsumsi energi, justru perangkat canggih ini mampu mengurangi beban dari ruang penyimpanan itu sendiri. Alhasil pengguna bisa mengambil laba cukup besar di bagian akhir dan dianggap sebanding dengan pengeluaran pada awal penggunaan.

3. Sistem Pengering

Memanfaatkan sistem pengering juga bisa menjadi cara jitu meningkatkan efisiensi pada cold storage, sekaligus membantu menekan beban kelembaban para ruang penyimpanan.
Anda hanya perlu memasang sistem pengering ketik udara terasa lembab berlebih, maka otomatis ruangan kembali sejuk dan dingin seperti sedia kala.

Jika tingkat kelembapannya masih di angka normal, tampaknya tidak perlu bersusah payah mengaktifkan sistem pengering. Justru hal ini akan membuat cold room storage kurang lembab dan dapat mempengaruhi kualitas vaksin yang disimpan di dalamnya. Dengan menggunakannya di saat yang tepat, Anda bisa memetik manfaatnya di kemudian hari.

Kualitas vaksin tidak akan berubah ketika disimpan di cold storage dengan suhu yang pas. Uniknya setiap jenis vaksin memiliki daya tahan dengan suhu yang berbeda, sehingga Anda harus mengaturnya sesuai dengan kebutuhan. Demi menekan beban konsumsi energi sekaligus mesin dapat bekerja lebih efektif, maka Anda bisa menggunakan cara pada ulasan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *