Saat menggeluti bisnis rumah potong ayam, tentunya anda tidak hanya sekedar memahami bagaimana teknik memotong ayam yang benar. Disini, anda juga perlu tahu bagian karkas ayam mana saja yang dibutuhkan oleh konsumen. Hal ini bertujuan agar daging ayam yang anda miliki bisa laku keras. Lalu bagian daging ayam mana saja yang paling dibutuhkan? Simak penjelasannya disini.

Bagian Daging Ayam yang Paling Diburu Konsumen

1. Brutu

Brutu merupakan bagian ayam yang paling sering dicari oleh konsumen. Meskipun bagian satu ini kerap kali dianggap sebagai bagian yang jarang digunakan, akan tetapi dalam proses karkas ayam, brutu tetap tidak dihilangkan. Hal ini dikarenakan bagian ayam satu ini memiliki harga yang termurah.
Beberapa angkringan dan juga warung makan tetap mempergunakan daging ini sebagai lauk atau sate satean. Walaupun begitu, bagian brutu pada ayam memiliki kandungan kolesterol dan lemak yang tinggi. Sehingga tidak semua orang boleh mengonsumsi jenis bagian daging ayam ini, terutama orang yang telah lanjut usia.

2. Sayap

4 Bagian Karkas Ayam Yang Paling Diburu Konsumen, Pebisnis Wajib Tahu

Ketika anda memulai bisnis rumah potong ayam, pastinya anda tahu bahwa sayap menjadi salah satu bagian dari karkas ayam yang paling diburu. Hal ini karena semakin menjamurnya cafe atau rumah makan yang menyediakan menu chicken wings. Selain itu, bagian karkas satu ini juga memiliki daging yang lembut.
Bahkan banyak anak kecil yang menyukai bagian sayap ayam ini karena cita rasa yang gurih. Lebihnya lagi, sayap juga menjadi salah satu bagian yang tidak butuh waktu lama ketika menggorengnya. Cara pembuatan yang praktis, daging yang lembut dan juga rasa yang gurih tentunya menjadikan bagian karkas ayam ini laris diburu konsumen.

3. Paha Atas

Umumnya, saat anda membeli paha atas di rumah potong ayam, biaya yang anda keluarkan akan lebih mahal dibandingkan ketika membeli ayam bagian paha bawah. Hal ini disebabkan paha atas merupakan salah satu bagian yang memiliki rasa lebih gurih. Dengan adanya kulit, tulang hingga lemak yang tebal menjadikan bagian ini laris diburu masyarakat.
Paha atas juga memiliki massa yang lebih berat dibandingkan dengan paha bawah. Sehingga tak mengherankan dijual dengan harga yang lebih mahal. Apabila anda membeli daging ayam bagian paha atas ini, biasanya banyak yang mengolahnya menjadi ayam goreng maupun ayam crispy.

4. Dada

Bagian karkas ayam yang tidak mengandung banyak tulang adalah dada. Dada juga kerap kali menjadi pilihan bagi anda yang sedang diet. Hal ini dikarenakan dada memiliki lemak dan kulit yang sedikit. Bahkan tak jarang banyak pedagang yang menjual full daging dada ayam.

Bagi pebisnis rumah potong ayam, pemotongan dari bagian ini pun sangat penting. Hal ini bertujuan agar nantinya bisa menghasilkan potongan yang sama. Bagian dada juga kerap kali digunakan sebagai campuran untuk membuat sup karena dagingnya yang banyak. Bahkan jika anda ingin membuat steak dari ayam, bagian dada ini menjadi favorit karena mengandung banyak daging.

Jika anda ingin menggeluti bisnis rumah pemotongan ayam, ada baiknya anda mengetahui bagian mana saja yang paling diburu oleh konsumen. Hal ini bertujuan agar anda bisa menjual daging ayam dengan memperoleh banyak keuntungan. Selain itu, anda perlu untuk memiliki mesin es flake. Mesin satu ini mampu menghasilkan es batu yang berkualitas. Sehingga daging ayam akan lebih awet dan segar dalam waktu yang lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *