Bisnis rumah potong ayam memang menjadi salah satu jenis usaha yang menggiurkan. Namun di dalam menjalankan usaha ini tidak boleh sembarangan, lantaran ada hal yang perlu anda perhatikan. Sebut saja seperti pemberian pakan ayam broiler. Berikut ini akan diulas beberapa hal yang tidak boleh untuk anda lakukan.

Hindari Hal Berikut Ini Dalam Pemberian Pakan Ayam

1. Tidak Dipisah

Salah satu faktor yang harus anda lakukan ketika ingin memberikan pakan ayam adalah memisahnya. Ketika anda menempatkan ayam jantan dan ayam betina dalam satu kandang, akan berimbas nantinya ayam jantan akan memperoleh pakan yang lebih banyak. Sedangkan untuk ayam betina akan mendapatkan jatah pakan yang berkurang.
Hal ini dikarenakan ayam jantan memiliki sifat yang lebih dominan dibandingkan dengan ayam betina. Sehingga, hal tersebut akan menjadi penyebab bahwa ayam jantan akan lebih mendominasi makanan di dalam kandang. Untuk itu, sebaiknya anda memisahkan ayam jantan dan betina ketika akan memberikannya pakan.

2. Memberi Makan yang Terlalu Banyak

4 Hal Yang Harus Anda Hindari Dalam Memberikan Pakan Ayam Broiler

Agar ayam datang ke rumah potong ayam dalam keadaan sehat, ada baiknya anda memberikan makanan yang tepat. Pemberian pakan ayam yang terlalu banyak ternyata memiliki efek yang negatif. Dengan memberikan pakan yang terlalu banyak, maka hal tersebut akan menyebabkan pakan akan menjadi tersisa.
Pakan yang tersisa tersebut akan membuat biaya pakan yang anda keluarkan akan menjadi lebih banyak atau membengkak. Selain itu, pakan yang tersisa di dalam kandang akan berada dalam kondisi yang kurang bagus. Namun, karena masih berada di kandang ayam pun akan memakannya. Solusinya adalah dengan memberikan pakan yang sedikit namun sering.

3. Pemberian Pakan yang Tak Sesuai Dengan Nutrisi

Kesalahan lain yang kerap kali ditemukan dalam pemberian pakan adalah tidak sesuai dengan nutrisi yang seharusnya diterima oleh ayam. Pasalnya, setiap ayam akan memiliki kebutuhan nutrisinya masing masing. Hal tersebut bergantung dari usia dan juga periode pada ayam, mulai dari periode awal hingga ayam akan dipotong.
Sebelum membawa hewan unggas ini ke rumah potong ayam, anda pun perlu untuk memberikan pakan sesuai dengan periodenya. Contohnya saja, ketika ayam dalam masa starter, pemberian makan pun harus berbeda dengan ayam yang telah tumbuh besar. Sehingga tiap periode ayam akan memiliki nutrisi masing masing dan akan bermanfaat untuk tumbuh kembangnya.

4. Memberikan Makan Dengan Perbandingan yang Tidak Sesuai

Kesalahan lain yang biasa terjadi dalam pemberian pakan ayam adalah memberikan makan dengan perbandingan yang tidak sesuai. Di dalam memberikan pakan ayam, anda pun bisa menentukannya dengan melihat luas kandang. Pasalnya, setiap luas kandang akan memiliki tingkat perbandingan pemberian makan yang berbeda beda.
Untuk itu, sebagai peternak sebelum anda membawanya ke rumah potong ayam, pastikan jumlah pemberian makan dan perbandingannya telah tepat. Selain itu, anda juga perlu menyesuaikannya dengan jumlah ayam yang ada di kandang. Sehingga semua ayam yang ada di kandang tersebut akan mendapatkan jatah atau porsi makan yang cukup dan sesuai.
Ketika ayam telah diberikan makan dengan porsi yang tepat, hal ini akan membuat ayam sehat. Dengan begitu, nantinya akan bisa menghasilkan daging ayam berkualitas. Di dalam menyimpan daging ayam pun anda juga tidak boleh sembarangan. Anda membutuhkan mesin flake yang mampu menghasilkan es batu dengan kualitas terbaik. Sehingga daging ayam akan tetap segar hingga sampai ke tangan pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *