Berbisnis rumah potong ayam masih menjadi incaran dan diminati lantaran memiliki keuntungan yang berlipat. Pasalnya, daging ayam broiler atau ayam potong memang masih banyak dicari oleh konsumen. Namun, konsumen yang cerdas tentunya akan memilih daging ayam dengan kualitas terbaik. Sebagai pedagang, anda pun perlu tahu cara meningkatkan kualitas dan mutu dari karkas ayam.

Tips Meningkatkan Kualitas Mutu Pada Karkas Ayam Broiler

1. Mencegah Resiko Terjangkit Penyakit Kerdil

4 Tips Tingkatkan Kualitas Mutu Dari Karkas Ayam Broiler

Ketika ingin meningkatkan mutu dan kualitas dari ayam broiler, anda haruslah mencegah agar ayam anda tidak mengalami penyakit kerdil. Pasalnya, hal ini dapat membuat nilai jual dari karkas ayam agar nantinya cepat stabil. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan guna menghindari kejadian tersebut.

Pertama, pilihlah bibit ayam yang berkualitas. Sebab, penyakit kerdil ini juga bisa terjadi karena faktor cacat genetik. Sehingga anda pun perlu memperhatikan bibit ayam yang anda pilih. Selanjutnya, anda juga perlu untuk menjaga kebersihan dari kandang ayam agar terbebas dari virus virus yang bisa menyebabkan penyakit.

2. Dengan Menggunakan Daun Katuk

Hal lain yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan mutu dari karkas ayam broiler sebelum dibawa ke rumah potong ayam adalah dengan menggunakan daun katuk. Pasalnya, semakin anda menghasilkan daging ayam yang berkualitas, tentunya harga jual dari daging ayam tersebut akan semakin mahal.

Salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan mutu tersebut adalah dengan menggunakan daun katuk. Daun ini bisa anda ambil sarinya. Selanjutnya, campurkan sari dari daun katuk tersebut dicampur pada minuman ayam. Cara ini ternyata mampu meningkatkan kualitas dari karkas ayam broiler. Anda pun sebaiknya mencobanya.

3. Memberikan Pakan yang Maksimal

Dengan memberikan makan yang maksimal ternyata dapat meningkatkan mutu dari karkas ayam. Oleh karena itu, sebelum dibawa ke rumah potong ayam ada baiknya anda memberikan makan yang bernutrisi kepada ayam ternak. Anda pun perlu untuk mengetahui apa saja nutrisi yang diperlukan sehingga tumbuh kembangnya akan berjalan dengan optimal.
Selain itu, anda pun perlu memberikan pengawasan ketika memberi pakan ayam. Jangan terlalu banyak memberi makan ayam pada satu waktu. Lebih baik anda memberikan pakan dalam porsi yang kecil namun sering. Hal ini mencegah agar pakan tidak terbuang sia sia ketika ayam tidak memakannya.

4. Gunakan Probiotik yang Sesuai

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan mutu adalah dengan menggunakan probiotik dengan dosis yang sesuai. Namun, anda perlu tahu bahwa banyak sekali jenis dari probiotik yang bisa anda temukan di pasaran. Akan tetapi, anda juga perlu tahu jika tidak semua jenis dari probiotik memiliki manfaat yang baik untuk ayam.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan mutu dan kualitas dari ayam sebelum dibawa ke rumah potong ayam, pastikan anda untuk memilih produk dan jenis probiotik yang akan diberikan kepada hewan unggas satu ini. Sebab, ketika anda salah memberikannya, maka nantinya akan mampu menimbulkan efek seperti diare hingga kembung pada ayam.

Di dalam menghasilkan daging ayam yang berkualitas, tentunya diperlukan peningkatan mutu dan kualitas sejak masa ternak. Namun, ketika anda memiliki usaha rumah pemotongan ayam, ada baiknya anda juga mempunyai mesin es flake. Mesin satu ini merupakan mesin penghasil es batu yang berkualitas. Dengan adanya es batu ini akan membuat daging ayam lebih awet dan juga tetap segar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *