Es seringkali digunakan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan, terutama para pedagang yang menyajikan minuman dingin. Biasanya jenis es yang familiar di masyarakat ialah es balok, yang serbaguna dan harganya terbilang murah. Sebagian besar pengguna es balok dari pedagang asongan dan nelayan. Itulah mengapa peluang bisnis mesin es balok sangat menguntungkan belakangan ini.

Es Balok Jadi Pilihan Utama Masyarakat

1. Pelengkap Minuman Dingin

Sebenarnya es balok tidak disarankan untuk dikonsumsi, karena memang diperuntukkan sebagai pendingin makanan. Hal ini disebabkan tingkat higienitas yang kurang baik, bahkan sesudah dibilas dengan air bersih masih perlu dipecah-pecah lagi. Namun kenyataannya es balok masih sering digunakan oleh warung-warung kaki lima, dan dijadikan tambahan pada minuman dingin.

Dibandingkan jenis es lainnya, es balok memang paling laris di pasaran. Hal ini karena harganya lebih terjangkau, selain itu es balok mempunyai kemampuan untuk membuat minuman lebih cepat dingin. Dahaga langsung terasa lepas walaupun baru minum satu teguk saja. Apalagi jika anda memiliki mesin es balok sendiri, tentu akan menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

2. Pengawet Ikan

Sebagai negara maritim tentu saja Indonesia mempunyai potensi sumber ikan yang cukup besar. Kondisi ini menjadi ladang penghasilan bagi masyarakat pesisir, karena hasil tangkapan ikan yang menguntungkan. Namun bukan berarti pendapatan para nelayan tinggi, sebab setiap pekerjaan punya kendala masing-masing.

Lamanya perjalanan di lautan membuat penggunaan es batu sangat diperlukan. Hal ini karena ikan perlu diawetkan agar sampai ke daratan dalam kondisi siap jual. Mengingat saat ditangkap ikan dalam kondisi sudah menjadi bangkai. Sehingga bisa membusuk lebih cepat apabila tidak ditunjang dengan es balok, agar ikan tetap terlihat fresh.

3. Mengawetkan Frozen Food

Belakangan ini kebutuhan akan mesin es balok sangat tinggi, sebab es balok menunjang kebutuhan sehari-hari masyarakat. Salah satunya untuk mengawetkan frozen food yang sering menjadi lauk tambahan. Bahkan agen-agen frozen food mulai menjamur sekarang karena jelas sangat dibutuhkan masyarakat. Tinggal goreng atau rebus tanpa ribet mencari bahan dasarnya dulu.

4. Awetkan Makanan Segar di Supermarket

Jika anda sering berbelanja di supermarket besar, pasti pernah menemukan area makanan segar. Tidak hanya ikan, tetapi juga ada jeroan ayam atau sapi terkadang pula daging ayam atau sapi. Karena kondisinya yang mentah dan berada di udara bebas, maka potensi membusuk besar. Itulah mengapa dibutuhkan es balok untuk menjaga supaya bahan makanan tersebut tetap segar.

Bedanya es balok yang ada di supermarket ini bentuknya tidak utuh, melainkan sudah dihancurkan kecil-kecil. Pemotongan es tidak menggunakan manual, tetapi mesin es balok yang bekerja sepenuhnya. Mesin tersebut yang mengolah es sesuai dengan kebutuhannya. Setelah menjadi serpihan langsung didistribusikan ke supermarket yang menjual bahan makanan segar.

5. Mendinginkan Botol Minuman

Warung-warung kaki lima kerap memanfaatkan es balok untuk mendinginkan minuman. Biasanya es dimasukkan ke dalam box tersendiri, lalu diisi dengan aneka botol minuman. Nantinya minuman tersebut akan dingin lebih cepat dan siap untuk dijajakan. Menurut pakar kesehatan minuman seperti ini lebih higienis, dibandingkan es balok yang langsung menyatu dengan olahan es.

Tidak dipungkiri jika es balok sangat melengkapi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Disamping harganya yang cukup murah, es balok mudah ditemukan dan stoknya selalu ada. Jadi tak heran jika para pengusaha mesin pembuat es meraup keuntungan yang tinggi. Karena potensi peluang es balok di pasaran memang tidak lekang oleh waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *