jenis es dan kegunaannya

Dahulu saat pertama kali es batu diciptakan oleh manusia awalnya berbentuk seperti bongkahan yang saat ini disebut es balok. Menurut beberapa literatur, es batu diciptakan oleh Fisikawan asal Amerika Serikat bernama John Gorrie. Dia berhasil menciptakan sebuah kulkas dengan berbekal perlengkapan pendingin udara yang mampu mendinginkan air suhu normal ke suhu rendah (titik beku). Pada saat itu dia hanya memanfaatkan es batu tersebut untuk keperluan pendingin ruangan saja bukan untuk dikonsumsi. Berdasarkan literatur pula es masuk ke Indonesia pada tahun 1846 ketika ada sebuah kapal yang bertolak dari kota Boston, Amerika Serikat singgah di pelabuhan Batavia (Jakarta) kemudian kaar mengenai adanya es batu tersebut menyebar hingga ke seluruh Batavia (Jakarta). Singkat cerita es batu tersebut menjadi primadona karena termasuk barang eksklusif saat itu yang mana hanya para Bangsawan dan orang Belanda saja yang bisa menikmati. 

Seiring berjalannya waktu banyak juga pengusaha-pengusaha kedai dan cafe juga berminat untuk mendatangkan es batu untuk menunjang sajian minuman mereka kepada konsumen. Perkembangan teknologi yang semakin pesat banyak perusahaan-perusahaan di dunia mendirikan pabrik pembuatan mesin es. Perusahaan tersebut dapat menghasilkan inovasi baru yang berupa beberapa jenis es dan kegunaannya. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.  

Es Batu 

Jenis es yang satu ini adalah salahsatu es yang familiar ditengah masyarakat, tidak hanya soal penyebtannya saja namun bentuk dari es batu ini umumnya kotak-kotak kecil. Es batu bisa diproduksi sendiri di rumah melalui mesin es kulkas yang didalamnya tersedia ice tray yang kemudian bisa diisi dengan air matang dan diletakkan pada freezer. Proses pembekuan umumnya berlagsung singkat tidak lebih dari 3 jam dengan catatan tidak terlalu sering membuka-menutup kulkas. 

Es Balok 

Jenis es yang satu ini bisa jadi yang paling populer dikalangan masyarakat karena mudah dijumpai diberbagai daerah di Indonesia karena banyak ditemui Agen/Distributor Es Balok. Es balok lebih sering digunakan oleh para nelayan tradisional di daerah yang membutuhkan es balok untuk mengawetkan ikan hasil tangkapan, dari segi penggunaan memang es balok hanya cocok digunakan untuk mendinginkan bahan material seperti hasil tangkapan laut, minuman botol/kaleng dan sebagianya bukan untuk dikonsumsi secara langsung bersama minuman. 

Es Kristal 

Jenis es yang satu ini dikenal oleh masyarakat sejak 10 tahun terakhir, secara kegunaan sama persis seperti es batu., namun dari segi bentuk es kristal yang juga disebut es tube menyerupai silinder berlubang, berpenampilan bening transparan serta bersih tidak jauh beda dengan kaca. Penggunaan es kristal lebih banyak ditemui di cafe,, restoran, kedai karena bentuknya unik dan menambah kesan mewah dari segi harga memang agak sedikit lebih mahal makanya jarang warung kaki lima yang menggunakan es kristal. 

Es Slurry 

Es Slurry merupakan es yang berwujud persis dengan bubur secara tekstur, memiliki perbandingan komposisi 60% es dan 40% air. Khusus untuk es slurry ini menggunakan bahan baku air asin/air laut karena peruntukannya hanya untuk mengawetkan hasil prduk perikanan saja. Keunggulannya adalah lebih cepat mendinginkan permukaan serta bagian dalam dari ikan karena wujud seperti bubur akan mudah masuk ke sela-sela. Mesin es slurry bisa diaplikasikan di darat (gudang) maupun diangkut langsung ke atas kapal. 

Es Flake 

Es Flake merupakan es yang berwujud seperti serpihan/pecahan dan memiliki ketebalam 2-5 mm. Kegunaannya sebagai pendingian bahan material apapun seperti sayuran, buah, frozen food. Bahkan ada yang memanfaatkannya untuk keperluan pertambangan dan konstruksi. Es flake biasanya dipakai oleh Supermarket untuk mengawetkan ikan dan sejenisnya. 

Baca juga: Manfaat Es Batu Untuk Kebutuhan Sehari-Hari

Banyaknya jenis es dan kegunaanya dapat memberikan sebuah pilihan bagi pelaku bisnis dalam menentukan jenis es yang mana yang sesuai karena tidak semua jenis es cocok dan maksimal saat diaplikasikan ke semua bahan material. Oleh karena itu dibuatlah beberapa jenis es dan kegunaannya masing-masing oleh perusahaan produsen mesin es.  Demikianlah tadi informasi singkat mengenai jenis es dan kegunaannya semoga dapat menambah wawasan Anda. Jka Anda membutuhkan informasi lemngenai mesin es, silakan hubungi kami Koller Indonesia di nomor 082282029595 (Donny) / 082197678585 (Ana)