Sebagai seorang yang memiliki passoin untuk mendirikan sebuah usaha tentunya akan memmilih jenis usaha yang bisa memberikan kestabilan finansial untuk jangka waktu yang lama, pertimbangannya adalah soal ketersediaan modal, peluang usaha yang akan dijalankan sepeti apa kemudian apakah jumlah konsumen yang membutuhkan bayak dan lain sebagainya. Berbagai pertimbangan dan pertanyaan muncul ketika seorang pengusaha baru akan memulai sebuah bisnis baru, hal ini sah-sah saja dan bahkan menjadi hal wajib yang harus bisa dijawab. Karena kalau hanya mengandalkan modal besar saja sebenarnya tidak cukup, perlu juga mengetahui situasi pasar, latar belakang konsumen serta dapat mengetahui secara jelas kebutuhan apa saja yang banyak dicari orang dalam suatu wilayah.

Bicara soal bisnis es kristal, saat ini sudah mulai banyak peminatnya. Adanya es tube kristal juga tururt menggeser eksistensi es balok dalam hal pemanfaatannya untuk keperluan konsumsi secara langsung, alasannya karena masyarakat saat ini sudah semakin paham arti kesehatan begitu penting dan mahal selain itu memang kegunaan es balok tidak untuk dikonsumsi secara langsung melainkan . Maka permintaan akan es kristal setiap tahun mengalami kenaikan tanpa perlu melihat statistik artinya secara kasat mata saja saat ini banyak agen es kristal di daerah daerah. Walaupun begitu sebarannya belum terlalu merata karena sebagian pengusaha belum melihat bisnis es kristal ini secara khusus dan mendalam sehingga mungkin hanya memikirkan modal yang teralu besar tapi belum sepenuhnya mengerti potensi keuntungan dari bisnis es di Indonesia saat ini seperti apa.
Kita mulai dari besaran nilai investasi yang dibutuhkan dalam memulai bisnis es ini, misalkan untuk bisnis es kristal. Harga mesin es kristal koller kapasitas 1 ton per hari adalah 238 juta (sudah termasuk instalasi, garansi 1 tahun, maintenance 2 kali dalam 1 tahun, akomodasi teknisi kunjungan ke lokasi, training dan konsultasi bisnis). Selain investasi berupa alat usaha juga diperlukan lokasi usaha yang kami sarankan 5 x 5 x 3 m, biaya pasang listrik (jika belum) dan kebutuhan lainnya paling tidak Anda membutuhkan dana 300 juta – 350 juta.

Selanjutnya yang menjadi pertanyaan adalah ketika Anda sudah mengeluarkan dana sebesar 350 juta maksimalnya lalu bagaimana perhitungan keuntungan bisnis es kristal ? Baik berikut ini adalah hitungan secara garis besar seperti ini :
Mulai dari bahan baku air yang bisa didapatkan dengan mudah, bahkan dengan air tanah pun bisa jadi untuk biaya bahan baku air bisa dikatakan Rp. 0, kemudian plastik kemasan es kristal ukuran 10 kg ddihargai Rp. 2.500 per pc tinggal dikalikan saja misalkan 100 pcs maka modal plastik kemasan 10 kg yaitu Rp. 250.000, selanjutnya biaya operasional lain seperti ongkos kirim ke konsumen (jika menyediakan layanan antar) menggunakan Tossa roda 3, per hari perkiraan Rp. 20.000. Jika dikalkulasi harian maka jumlah sekali produksi sebanyak Rp. 270.000. Dalam hal ini hitungannya Anda dapat menjual 1.000 kg per hari, dengan harga jual dikisaran Rp. 12.000 per kemasan dikalikan 100 pcs maka omset sehari bisa Rp. 1.200.000 masih dikurangi modal yang sudah disebutkan diatas sebesar Rp. 270.000 maka hasilnya Rp. 930.000 dikalikan 30 hari maka kita dapatkan angka Rp. 27.900.000 belum dipotong biaya karyawan, tagihan listrik dan lain-lain.
Sebagai informasi saja untuk mesin es kristal Koller kapasitas 1 ton per hari jika beroperasi penuh 24 jam dalam 1 bulan maka tagihan listriknya dikisaran Rp. 2.700.000, kemudian untuk gaji 2 orang karyawan (operator mesin dan pengantar) anggap saja Rp. 5.000.000 per bulan maka biaya listrik dan gaji karyawan jumlahnya Rp. 7.700.000. Omset 1 bulan dikurangi pengeluaran 1 bulan yaitu Rp. 27.900.000 – Rp. 7.700.000 maka keuntungan bersih yang didapatkan dikisaran Rp. 20.000.000 per bulannya. Bahkan jika penjualan berkisar 500 kg per hari saja masih untung Rp. 10.000.000 per bulannya.

Demikian tadi pembahasan mengenai keuntungan bisnis es kristal yang bisa kami bagikan kepada Anda semua. Hitungan diatas sifatnya fleksibel artinya menyesuaikan kondisi bisnis dimasing-masing daerah namun hasilnya tetap sangat menguntungkan. Segala pertanyaan bisa langsung menghubungi kami melalui

Telp/WA: 082298808180 (Nordy)
Instagram: koller.id
Youtube: Koller Indonesia