Menikmati satu porsi minuman dingin saat cuaca sedang panas sudah seperti surga dunia yang tidak bisa ditolak. Sayangnya Anda tidak boleh jajan sembarangan, karena bisa saja pedagang menggunakan es batu balok. Sebab es batu ini umumnya terbuat dari air mentah yang dibekukan menggunakan mesin es balok. Berikut bahaya mengkonsumsinya.

Fungsi Utama Es Batu Balok

Bahaya Ketika Mengkonsumsi Es Balok

Es batu balok adalah salah satu jenis es batu yang banyak ditemukan di pasaran. Sayangnya es batu ini tidak untuk dikonsumsi, karena proses pembuatannya sendiri menggunakan air mentah yang kemudian dibekukan. Dengan kata lain, kita tidak mengetahui kebersihannya karena tidak melewati proses pemasakan terlebih dahulu.

Oleh karena itu, es batu satu ini tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi manusia. Sebagai gantinya, es batu berbentuk balok besar ini digunakan sebagai bahan pengawet alami agar ikan hasil tangkapan nelayan tetap segar. Bahkan para pedagang daging atau buah buahan juga kerap memanfaatkannya sebagai pengawet alami.

Berdasarkan penjelasan singkat tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa es balok berfungsi sebagai pendingin berbagai bahan makanan dan tidak untuk dikonsumsi secara langsung. Tidak sulit untuk menemukannya, karena mesin es balok dapat menghasilkan sejumlah bongkahan es batu dalam sekali beroperasi. Sehingga Anda tidak perlu takut kehabisan stok di pasaran.

Bahaya Mengkonsumsi Es Batu Berbentuk Balok

Bahaya Ketika Mengkonsumsi Es Balok

Sebelum memesan satu porsi minuman menyegarkan, pastikan pedagang menggunakan es batu yang terbuat dari air matang atau air mineral layak dikonsumsi. Hal ini perlu dilakukan, dikarenakan air mentah mengandung mikroorganisme yang dapat mengganggu sistem pencernaan walaupun tidak sengaja menelannya.

Sayangnya Anda tidak dapat melihat kumpulan mikroorganisme tersebut dengan mata telanjang karena ukurannya yang sangat kecil. Setidaknya dibutuhkan alat khusus untuk melihat adanya bakteri jahat atau tidak dalam air tersebut. Selain ditemukan pada es batu, ada kemungkinan jika bakteri jahat tersebut menempel di beberapa bagian mesin es balok.

Bakteri E. Coli merupakan satu dari sekian banyak jenis mikroorganisme lain yang banyak ditemukan pada air mentah. Apabila kumpulan bakteri jahat tersebut tidak sengaja tertelan, berbagai penyakit siap mengancam kesehatan kapan saja. Mulai dari perut terasa sakit, diare, hingga muntaber dapat menyerang usai mengkonsumsi es batu yang terbuat dari air mentah.

Permasalahan lain kembali datang, ketika Anda menyadari bahwa pedagang memotong es balok menggunakan alat yang belum terjamin kebersihannya. Minuman yang sudah tercampur dengan es batu tersebut, tentu ikut tercemar dengan berbagai bakteri berbahaya. Inilah alasan mengapa orang tua tidak memperbolehkan sang buah hati jajan sembarangan.

Ternyata pernyataan ini diperkuat dengan ungkapan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan, yang menyatakan bahwa es balok tidak disarankan untuk dikonsumsi karena dapat membahayakan bagi kesehatan manusia. Hal ini berkaitan erat dengan proses pembuatannya yang menggunakan air mentah.

Sayangnya masih banyak ditemukan pedagang nakal yang menggunakan es batu dari air mentah sebagai bahan pendingin minuman. Apabila menemui pedagang yang membeli bongkahan es batu berbentuk balok dan memotongnya sendiri, Anda wajib menaruh curiga bahwa es batu tersebut terbuat dari air mentah yang kemudian didinginkan menggunakan mesin es balok.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita menyadari betapa bahaya mengkonsumsi es batu balok meski tanpa disengaja sekalipun. Sebagian orang mungkin tidak akan merasakan efeknya secara langsung, namun tidak dengan mereka yang dikaruniai dengan sistem pencernaan jauh lebih sensitif. Oleh karena itu, pastikan pedagang menggunakan es batu kristal sebelum membeli minumannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *