Di era teknologi canggih pembuatan es batu tidak lagi menggunakan cara manual. Kehadiran mesin pembuat es ternyata prosesnya jauh lebih efektif. Hal ini membawa keuntungan besar bagi para pengusaha pabrik es. Pesanan kerap berdatangan dalam jumlah banyak, baik dari industri kuliner maupun pengawetan ikan. Berikut ini ada beberapa cara merawat mesin es balok dengan baik.

Agar Mesin Pembuat Es Bertahan dalam Jangka Waktu Lama

1. Bersihkan Mesin Setelah Digunakan

Penggunaan es batu sebenarnya sangat dekat dengan aktivitas masyarakat sehari-hari. Jika telah memasuki musim kemarau, suhu menjadi sangat panas terutama di siang hari. Rasa haus membuat anda butuh pelepas dahaga secepatnya. Maka minuman dingin menjadi solusi yang paling tepat. Dengan imbuhan es batu yang terasa menyegarkan di tenggorokan.

Selain untuk pelengkap di sajin minuman, es batu kini menjadi bahan pengawetan hasil tangkapan ikan. Umumnya yang digunakan jenis es balok, karena daya tahannya lebih lama dibanding es lainnya. Es balok tersebut dimasukkan ke dalam ice box besar, yang muat untuk memasukkan banyak ikan. Mesin es balok yang membentuk es dalam ukuran yang sama rata.

Karena proses pembuatan berlangsung setiap hari, maka anda harus rajin membersihkan mesin setelah dipakai. Hal ini untuk menghindari sela-sela pipa berlumut, dan beresiko berkarat lebih cepat. Terutama pada bagian tempat air garam, khusus untuk mesin pembuat es balok untuk pengawetan ikan. Karena garam cenderung membuat mesin cepat karatan daripada air biasa.

2. Cek Penyimpanan Freon Secara Berkala

Freon berfungsi untuk menyerap beban pendingin ruangan, supaya kondisi mesin tetap sejuk. Suhu mesin yang dingin tentu akan mempercepat proses produksi es balok. Itulah mengapa penting bagi anda untuk cek ketersediaan freon. Sehingga ketika sedang memproduksi es, mesin es balok tidak akan mengalami malfungsi yang berpotensi memperlambat kinerja.

3. Rutin Periksa Oli

Cara Merawat Mesin Es Balok Agar Tetap Bandel Saat Digunakan

Mesin pembuat es dapat bekerja maksimal jika bahan bakar oli dalam kondisi terisi penuh. Oli tersebut akan menggerakkan mesin, mulai dari mengalirkan air hingga mencetak es dalam bentuk balok. Oleh sebab itu penting untuk mengecek ketersedian oli sebelum mulai produksi. Selain itu periksa oli secara rutin ini bertujuan untuk menghidari mesin mati di tengah jalan.

4. Cek Air yang Digunakan

Biasanya untuk membuat es balok, bahan air yang digunakan berasal dari air laut. Mengingat es balok sering digunakan untuk pengawetan ikan. Sebab air laut mengandung garam yang bisa menjadikan ikan tetap fresh meskipun sudah berhari-hari. Jika ingin menggunakan selain air laut, anda perlu memeriksa mesin es balok terlebih dahulu.

5. Rutin Cek Bagian Filter

Komponen filter air merupakan bagian penting untuk kelancaran produksi es balok. Fungsinya untuk membersihkan air supaya nantinya es aman untuk digunakan. Terutama es balok yang didistribusikan untuk keperluan kuliner. Filter sangat berperan untuk membuat air menjadi lebih steril.

Sedangkan untuk pembuatan es balok khusus pengawetan ikan atau sayur, filter berfungsi sebagai penyaring kotoran. Karena air tidak selamanya dalam kondisi bersih, di dalamnya pasti terdapat partikel yang berbahaya. Maka dari itu adanya filter cukup membantu dalam menguraikan bakteri. Usahakan cek kondisi filter secara rutin apabila mesin memproduksi es setiap hari.

Mesin pembuat es berperan penting untuk kecepatan dan kemudahan dalam produksi es balok. Apalagi ukuran es balok yang lumayan besar tidak mungkin bila diolah dengan alat manual. Lebih praktis jika langsung menggunakan mesin, karena bisa segera dicetak serta ukurannya bisa sama besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *