Cara Paling Efektif Menjaga Kesegaran Ikan Laut Ekspor

Ikan laut merupakan hasil produk dari kekayaan alam di Indonesia yang sangat melimpah, Sebagian hasil produk perikanan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri sedangkan untuk kualitas yang terbaik biasanya akan dijadikan komoditas ekspor ke luar negeri.

Sebagai komoditas ekspor tentu kualitasnya harus memenuhi standar baku pangan dari negara tujuan ekspor. Kita ambil contoh untuk konsumen dari Uni Eropa, mereka mempunyai standar khusus untuk setiap eksportir produk perikanan yang masuk ke dalam Uni Eropa, hal ini wajib dipenuhi karena jika ada satu hal yang tidak dapat dipenuhi maka eksportir tidak bisa memasarkan ikan laut ekspor.

Eksportir wajib menyerahkan sertifikat kesehatan dan sertifikat tangkapan ikan sebagai bukti bahwa hasil tangkapan ikan tidak menyalahi aturan penangkapan ikan yang bisa merusak kelesraian alam, misalkan penangkapan ikan dengan pukat harimau. Penangkapan ikan laut menggunakan pukat harimau telah kita ketahui bersama merupakan tindakan yang ilegal di Indonesia.

Karena dengan metode pukat harimau. ikan yang sebenarnya masih belum saatnya untuk ditangkap karena dari banyaknya ikan yang terjaring pukat harimau sebagina masih kecil atau dalam masa pertumbuhan. Konsumen Uni Eropa saja yang sebenarnya tidak punya kepentingan secara langsung terhadap kelestarian alam dari negara eksportir memperhatikan aspek tersebut, agar hasil produk ikan laut ekspor yang dikirimkan kepada mereka sesuai standar.

Kita kembali ke fokus pembahasan utama yakni tentang bagaimana cara yang paling efektif dalam menjaga kesegaran ikan laut ekspor, Telah kita ketahui bersama bahwa metode dan media untuk menjaga kesegaran produk ikan dalah dengan meletakkannya pada kulkas untuk skala kecil rumahan, sedangkan untuk skala semi industri sampai ke industri biasanya menggunakan box freezer, cold storage, air blast freezer.

Ketiga jenis tempat untuk penyimpanan tersebut umum dipakai di Indonesia dan sejauh ini efektif namun ketika kita dapat mengikuti perkembangan teknologi yang terbaru dengan inovasi yang ada saat ini, Sebetulnya ada cara lain yang lebih efektif khusunya untuk produk ikan laut ekspor khususnya yakni es slurry, apa itu es slurry ? Es Slurry bisa disebut bubur es, dari segi teksturnya sangat cocok dipakai untuk menjaga kesegaran produk perikanan ketika masih dalam proses penyimpanan.

Es Slurry digunakan untuk mempertahankan bentuk utuh serta tekstur daging dari produk ikan laut ekspor, misal ikan Kakap Merah yang akan direncanakan untuk ekspor ke negara lain, tentu saja melalui tahap penyimpanan terlebih dahulu untuk dikumpulkan sebelum akhirnya dikirim. Alasan mengapa es slurry sangat cocok jika digunakan oleh eksportir ikan laut adalah secara karakteristik es slurry berwujud seperti bubur, sangat lembut.

Es slurry berasal dari bahan baku air asin/air garam sehingga memghasilkan komposisi 60% air – 40% es atau bisa sebaliknya nanti bisa diatur pada pengaturan pada mesin es slurry. Dalam proses pembuatannya sangat singkat hanya butuh waktu sekitar 25 – 30 menit saja dari air garam menjadi es slurry. Untuk mesin es slurry tersedia dalam beberapa pilihan kapasitas produksi per harinya, mulai dari 500 kg sampai 20 ton per hari.

Bagi Anda yang saat ini bekerja atau pemilik usaha dibidang eksportir ikan laut, mengacu pada standar yang ketat mengenai kualitas produk yang sudah ditetapkan oleh beberapa negara tujuan ekspor, maka Anda wajib memiliki mesin es slurry agar membuat hasil produk perikanan semakin baik kualitasnya.

Baca Juga: Beberapa Jenis Pengolahan dan Pengawetan Ikan

Maka kami Koller Indonesia memiliki produk mesin es slurry dengan kualitas terbaik siap membantu usaha Anda agar tetap menghasilkan produk perikanan yang memiliki nilai lebih dimata konsumen Anda dengan metode penyimpanaan menggunakan es slurry ini.

Jika ada pertanyaan mengenai mesin es slurry, jangan sungkan untuk mengkonsultasikaannya kepada kami melalui:

Telp/WA; 082298808180 (Nordy)

Youtube; Koller Indonesia

Instagram: koller.id