covid-19

virus corona

Saat ini dunia sedang digemparkan dengan adanya Pandemi Covid-19 yang berlangsung setidaknya berita yang beredar pada akhir desember 2019 oleh beberapa media di Tiongkok memberitakan tentang adanya virus Corona tepatnya di kota Wuhan, provinsi Hubei, sebuah virus yang tak disangka akan membawa dampak yang sangat dahsyat hampir segala aspek kehidupan, mulai dari aspek kemanusiaan, sosial dan juga ekonomi. Lalu mengapa virus ini dinamakan virus Corona ? Ditinjau dari segi epistemologi bahasa, dalam bahasa Latin Corona memiliki makna mahkota sedangkan untuk bentuknya mirip seperti permukaan terluar matahari yang juga dinamakan Corona. Sebenarnya virus Corona Covid-19 merupakan satu dari beberapa jenis virus Corona yang sebelumnya sudah ada, artinya ada beberapa tipe lainnya. Jenis lainnya yng sudah pernah mewabah diantaranya SARS pada tahun 2002-2003 di Tiongkok dan juga MERS yang pertamakali muncul di wilayah Timur Tengah tepatnya di Saudi Arabia pada tahun 2012 dan menyebar ke negara arab lainnya.

Hingga artikel ini dibuat sudah ada 198 negara yang terjangkit virus Corona ini, betapa cepatnya penyebaran pandemi Covid-19 ini sehingga membuat seluruh negara di dunia menjaga wilyahnya masing-masing melalui imbauan kepada warganya untuk tidak berkerumun dengan jumlah besar. Tiongkok, Italia dan Amerika Serikat adalah 3 negara yang memiliki kasus penderita positif terbanyak. Faktor yang menyebabkan [enyebaran secara masf di 3 negara tersebut adalah kurangnya kesadaran tentang bahaya Covid-19, kebanyakan dari mereka sudah mendapatkan larangan untuk berkumpul dan keluyuran di pusat keramaian, namun mereka todak mengindahkan imbaua dari pemerintah setempat sehingga lonjakan angka positif di 3 negara tersebut sangat tinggi. Berikut ini aadalah beberapa fakta Covid-19 yang dihimpun dari berbagai macam sumber:

  • Corona merupakan virus berukuran relatif besar. Diameter virus ini sekitar 400-500 micro, sehingga masker jenis apa pun dapat mencegah masuk ke tubuh kita tanpa perlu menggunakan masker tertentu.
  • Apabila menempel di kain, Covid-19 dapat bertahan hidup selama 9 jam, cukup cuci pakaian seperti biasa atau bisa dijemurnya di bawah sinar matahari selama 2 jam sudah cukup untuk membunuhnya.
  • Ketika menempel di tangan, virus corona hanya dapat bertahan hidup selama 10 menit saja, anda perlu siapkan sterilizer berbahan dasar alkohol 70% untuk berjaga-jaga.
  • Saat merasa tenggorokan terasa kurang nyaman, berkumur dengan memggunakan air garam hangat dapat secara efektif membunuh Covid-19
  • Covid-19 akan mati jika kondisi disekitarnya antara 26-27°C artinya dalam kondisi panas tidak akan bisa bertahan hidup
  • Disarankan untuk berjemur pada jam 7-9 pagi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, jika ada virus yang menempel pada tubuh akan mati dlama waktu kurang lebih 2 jam.

Demikianlah informasi mengenai Covid-19 yang bisa kami berikan kepada Anda, semoga dapat menambah wawasan dan kewaspadaan terhadap bahaya Covid-19. Kami harap Anda dan sekeluarga sehat selalu dan dihindarkan dari segala macam bentuk musibah.