Ikan Tuna merupakan jenis Ikan yang memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran. Indonesia merupakan salahsatu negara pengekspor Ikan Tuna terbesar di dunia, menurut data yang dikeluarkan oleh oleh direktorat Jenderal Kelautan dan Perikanan Indonesia, nilai ekspor Ikan Tuna selama tahun 2018 mencapai angka 7,9 triliun rupiah. Hal tersebut dipengaruhi oleh letak geografis Indonesia yang berada di antara 2 Samudera yakni Samudera Atlantik dan Pasifik, tentunya mayoritas wilayah Indonesia berupa lautan.  

Permintaan Tuna yang sangat laris dipasaran dunia saat ini bisa dimanfaatkan oleh para nelayan ataupun pengusaha yang bergelut di bidang perikanan untuk melirik Bisnis Ekspor Tuna. Pertanyaannya adalah  mengapa Ikan Tuna sangat diminati oleh konsumen di luar negeri ? Apa yang membedakan Tuna dengan jenis ikan lainnya ? Mari kita bahas satu per satu mengenai seluk beluk Ikan Tuna, dimulai dari jenis Ikan Tuna yang tersebar di Indoensia ada beberapa jenis diantaranya Tuna Mata Besar (Big Eye Tuna), Tuna Madidihang (Yellow Fin Tuna), Tuna Albakor (Albacore Tuna), Tuna Sirip Kuning (Skipjack Tuna), Tuna Sirip Biru (Blue Fin Tuna). 

Jenis Ikan Tuna diatas merupakan komoditi ekspor Indonesia ke luar negeri yang tersebar di beberapa negara seperti Hongkong, Vietnam, Jepang, Amerika Serikat dan Eropa. Konsumen di negara-negara tersebut sangat gemar mengkonsumsi Ikan Tuna karena tekstur daging dan serat otot yang lembut selain itu kandungan nutrisinya juga beragam diantaranya Vitamin A, D, B6, B12 dan Mineral. Omega 3 yang terkandung dalam Ikan Tuna juga lebih tinggi dari daging ayam maupun sapi. Oleh sebab orang dinegara maju lebih suka mengkonsumsi Tuna dibanding ikan lainnya karena kandungan gizi yang tinggi untuk alasan kesehatan dan kecerdasan otak. 

daging tuna

daging ikan tuna

Daging Tuna yang berkualitas tinggi perlu penanganan yang baik khususnya dalam hal penyimpanannya, umumnya daging Tuna cukup disimpan dalam ruangan pendingin saja agar kesegarannya tetap terjaga sampai bisa di konsumsi ataupun di ekspor ke luar negeri. Namun sebetulnya penyimpanan yang baik dan maksimal terletak pada jenis es yang digunakan. Kami menyarankan agar Anda sebagai pelaku usaha mulai menggunakan Bubur Es (Slurry Ice) dengan bahan baku air asin sebagai media penyimpanannya. Mengapa demikian ? Jawabannya karena Tuna berasal dari laut maka bahan baku es lebih baik berasal dari air laut dan Bubur Es (Slurry Ice) secara komposisi terdiri atas 60% Es dan 40% Air . 

Slurry Ice

Bubur Es

Mesin Es Slurry (Slurry Ice Machine) merupakan mesin pembuat bubur es. Kami dari PT Pandu Distributor menjual Mesin Es Slurry dengan merek Koller, Koller adalah sebuah pabrikan Mesin Es terkemuka yang telah berpengalaman sejak 2004 hingga saat ini berpusat di Guangzhou, China. 

Silakan kunjungi Galeri Foto dan Tabel Spesifikasi produk mesin es di sini. Anda juga bisa berkonsultasi dengan kami terkait kebutuhan Mesin Es Slurry  di nomor 082298808180 (Telp/Whatsapp)