Bagi para pengusaha rumah potong ayam atau RPA, sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk menghadirkan mesin flake. Pasalnya mesin satu ini dapat digunakan untuk membuat es flake untuk mengawetkan daging ayam, yang telah dipotong potong dan dikemas. Jika masih ragu, intip keunggulan dan kelebihan dari ice flake machine pada ulasan berikut.

Ice Flake Machine

Ice Flake Machine

Seperti yang sudah disebutkan, bahwa ice flake machine merupakan alat atau mesin yang berfungsi untuk membuat es. Dimana es yang dihasilkan ini berbentuk flake atau pipih seperti kristal. Anda dapat menggunakan bahan air tawar, air tanah, maupun air laut untuk membuat es flake melalui mesin tersebut. Sehingga bisa dikatakan bahwa cara kerjanya begitu praktis.

Mesin ini pun dapat bekerja untuk menghasilkan es berlimpah dalam waktu singkat. Anda tidak perlu lagi menunggu selama berjam jam untuk membuat suatu bahan membeku, seperti pada kulkas biasa pada umumnya. Ice flake machine adalah inovasi yang sangat berguna, bagi mereka yang membutuhkan pengawetan bahan dalam waktu cepat dan skala besar.

Sebab anda dapat memilih mesin flake ini dalam berbagai ukuran, sesuai dengan usaha yang anda geluti. Berbagai bentuk ice flake machine ini dinilai memiliki daya energi yang terbilang sangat hemat, dan mampu memproduksi suhu dari 10 hingga 15 derajat celcius. Jadi sangat pas untuk mengawetkan bahan makanan dalam waktu lama.

Kegunaan Ice Flake Machine di RPA

Tidak bisa dipungkiri bahwa sebuah usaha rumah potong ayam, tentu perlu untuk mengawetkan atau membekukan daging ayam segar yang telah dipotong. Pasalnya daging ayam yang baru saja dipotong, sangat rentan mendatangkan bakteri dan kuman. Padahal daging ini sendiri tidak langsung didistribusikan saat itu juga ke konsumen.

Oleh karena itu, agar bakteri tidak berkembang maka daging ayam perlu untuk dibekukan agar kualitasnya tetap terjaga. Jika rumah potong ayam yang anda miliki cukup besar, maka menggunakan kulkas sebagai tempat penyimpanan untuk membekukan bisa jadi bukan pilihan tepat. Terlebih kulkas sendiri memerlukan waktu untuk membekukan bahan.

Berbeda bila anda menggunakan es, terlebih es dari mesin flake. Sebab es dari mesin ini akan berbentuk seperti serpihan atau flake, yang membuatnya dapat dengan mudah membekukan dalam waktu cepat secara merata. Dengan begini maka pertumbuhan atau perkembangbiakan bakteri pada daging pun bisa dicegah.

Mungkin sebagian dari anda masih ragu karena membeli mesin terbilang tidak murah, dan pada akhirnya memilih menggunakan es balok untuk membekukan daging ayam. Akan tetapi, apakah penggunaan dari es balok ini dijamin lebih efisien ? Pasalnya, es balok sendiri tidak dapat langsung digunakan begitu saja untuk membekukan daging.

Dimana anda perlu untuk memecahnya menjadi pecahan pecahan kecil terlebih dahulu untuk menggunakannya. Sehingga anda harus mengeluarkan usaha dan waktu ekstra dalam hal ini. Di samping itu, kebutuhan es balok ini bisa sangat banyak yang menuntut anda harus mengeluarkan modal per harinya untuk menyediakan es balok tersebut.

Berbeda dengan mesin flake, dimana mesin satu ini dapat menghasilkan sekitar 50 ton es per harinya. Tentu di sini berarti anda dapat menekan biaya ke depannya, dan ice flake machine ini bisa menjadi investasi jangka panjang. Dengan begitu daging ayam tetap dapat dibekukan dengan baik tanpa harus mengeluarkan biaya mahal.

Penggunaan es untuk mengawetkan bahan makanan memang dinilai sangat efektif. Tentu anda biasa melihat swalayan maupun supermarket yang meletakkan es flake di etalase, bersama dengan bahan makanan tersebut. Di RPA sendiri tentu ini tidak boleh ketinggalan, karena RPA menjadi tempat pertama penyimpanan daging ayam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *