Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai Franchise secara umum, jadi kami Koller Indonesia bersama dengan Mitra tata Esindo menyediakan sebuah layanan Franchise yang mana jika Anda ingin mempunyai sebuah pabrik es namun terkendala pengalaman dan pengetahuan yang belum cukup mengenai proses operasional produksi, management keuangan dan sebagainya. Oleh karena itu kami Koller Indonesia mempunyai sebuah program Franchise ini. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai alur proses Franchisenya sebagai berikut:

Pertemuan

Kita mulai dengan perencanaan awal yaiut melakukan meeting atau pertemuan antara Customer dengan kami, dalam pertemuan nanti akan dibahas mengenai rencana pemilihan mesin es yang dikehendaki, misalkan mesin es cube, mesin es tube atau mesin es balok. Tentunya pemilihan mesin mengacu pada kebutuhan pasar di daerah Customer seperti apa, misalkan saja ketika lokasinya di daerah pesisir maka kebutuhan es yang paling banyak biasanya es balok sedangkan lokasi di daerah kota/kabupaten dimana terdapat banyak industri makanan dan minuman ringan maka kebutuhan es nya adalah untuk di konsumsi langsung.

Keputusan & Biaya Pengembangan

Setelah menentukan jenis mesin es yang dipilih kami mempunyai 2 opsi mesin es dengan kapasitas skala industri yakni masing-masing kapasitas 10 ton dan 20 ton. Ambil contoh saja mesin es tube kapasitas 10 dan 20 ton masing-masing mempunyai harga mulai dari 830 juta dan 1,460 miliar. Selanjutnya akan ada Development Fee yang akan dibebankan kepada Costumer untuk akomodasi dari Tim Koller Indonesia & Mitra Tata Esindo, Development Fee ini dialokasikan untuk survey, riset, akomodasi dan konsumsi selama di lokasi, besaran Development Fee ini tergantung dari lokasi penempatan mesin untuk usahanya nanti.

Survey & Riset

Setelah customer membayarkan biaya Development Fee, untuk beberapa tindakan diatas selanjutnya Customer bisa menunggu proses survey dan riset kelayakan lokasi usaha dan sumber daya yang ada. Lebih detailnya kami akan melakukan riset mengenai kebutuhan es di wilayah Customer, mengkalkulasikan jumlah usaha usaha UMKM, analisis kompetitor yang juga menjadi supplier es, melihat kondisi gudang atau lokasi operasional usaha seperti apa sekalgus untuk penyesuaian layoutnya, mengatur instalasi listrik maupun airnya.

Pemberkasan & Pembayaran Uang Muka

Tahapan selanjutnya adalah mengumpulkan berkas yang telah ditentukan kepada Customer, seperti dokumen data diri, salinan rekening 3 bulan terakhir, surat berharga dan sebagainya. Setelah dokumen yang diminta sudah terpenuhi maka selanjutnya Customer diwajibkan untuk membayarkan uang muka mesin es untuk selanjutnya menginstruksikan Koller Guangzhou China untuk memproses pesanan, jumlah besaran nilainya 50% dari harga mesin yang telah dipilih.

Pengurusan & Perizinan

Sampai pada langkah berikutnya yaitu soal pengurusan semua aspek yang terkait operasional produksi, seperti pengurusan instalasi listrik dengan PLN, pengurusan badan usaha (CV/PT), pengaturan bangunan agar sesuai standar BPOM, pengurusan transportasi untuk distribusi es dan fasilitas pendukung lainnya.

Pembayaran Tahap Kedua & Kerjasama Vendor

Proses pembayaran tahap kedua ini sebesar 40% dari harga mesin, kemudian melakukan kerjasama degan vendor terkait mobil, plastik, kabel ties, RO, alat tulis, kantor, meja, kursi, dll yang nantinya digunakan untuk menunjang aktivitas atau kegiatan operasional. Kami akan membuatkan sebuah rancangan layout untuk tata letak mesin.

Pengamatan Lokasi

Teknisi akan mengunjungi lokasi usaha dalam hal ini teknisi menginspeksi lahan/gudang/bangunan yang ditempati dalam rangka menyesuaikan dengan instalasi air, listrik, drainase, ventilasi, dan mobilitas bongkar muat es. Selanjutnya teknisi akan melakukan instalasi mesin es sampai selesai.

Pembayaran Tahap Ketiga & Uji Coba

Sampailah pada tahap selanjutnya yaitu Customer wajib membayar sisa pembayaran, yaitu pembayaran tahap ketiga yakni sebesar 10% dari harga mesin. Setelah pembayaran selesai maka mesin es yang sudah dipesan saat pembayaran uang muka telah dilakukan, maka tinggal menunggu jadwal kedatangan untuk kemudian penjadwalan instalasi sekaligus uji coba mesin selama 24 jam penuh untuk memastikan mesin yang telah dipesan dan diinstalasi berfungsi sebagaimana mestinya.

Bagan Franchise

Bagan Franchise

Catatan: Jika ada ketidaksamaan antara informasi teks dengan gambar hanyalah improvisasi saja tapi secara umum                  sama saja

Baca juga: Program Franchise Pabrik Es Koller Indonesia

Untuk proses franchise ini pengelolaan secara manajerial dilakukan oleh Koller Indonesia dengan dibantu oleh Mitra Tata Esindo. Informasi yang kami sampaikan untuk Anda adalah gambaran secara umum, bila suatu saat ada perubahan maka akan kami update sesuai dengan perkembangan yang ada. Jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa menghubungi :

Telp/WA: 082298808180 (Nordy)

Instagram: kollerid

Youtube: Koller Indonesia