Doc ayam merupakan ayam yang baru lahir sehari. Tentu saja, sebagai peternak dan juga pebisnis rumah potong ayam, penting untuk memilih doc ayam yang berkualitas. Hal ini bertujuan agar nantinya bisa mendapatkan daging ayam yang berkualitas pula. Untuk itu, bagi anda yang ingin mengetahui tipsnya, simak ulasan berikut ini.

Kenali Ciri Ciri Doc Ayam Yang Terbaik

1. Perhatikan Berat Badannya

Ingin Miliki Doc Ayam Dengan Kualitas Tinggi? Simak Tipsnya Disini

Ketika anda memilih doc yang berkualitas, pastikan untuk memiliki berat badan yang normal. Sehingga, pastikan untuk memilih berat badan yang tidak kurang dari 35 gram. Lebih baik jika anda memilih yang memiliki berat badan lebih dari 35 gram. Pasalnya, doc yang memiliki berat badan tersebut termasuk berkualitas super. Untuk itu, pastikan untuk menimbangnya dahulu.

2. Membeli Dari Peternakan yang Terpercaya

Biasanya jika peternakan telah memiliki skala yang besar, peternakan tersebut tidak akan menjual ayam broiler siap potong saja. melainkan juga menjual doc. Umumnya, doc yang dimiliki oleh peternakan dengan skala besar akan memiliki kualitas yang baik. Sehingga, bagi anda yang masih memiliki peternakan dan rumah potong ayam skala kecil bisa membeli doc di peternakan yang besar tersebut.

Oleh karena itu, di dalam berbisnis ayam potong diperlukan koneksi. Anda bisa bergabung dengan komunitas peternak yang ada di daerah anda. Hal ini bertujuan agar nantinya anda bisa mendapatkan banyak informasi terkait ayam potong. Mulai dari cara merawat hingga berburu doc yang berkualitas.

3. Pilihlah yang Sehat dan Tidak Cacat

Salah satu hal yang perlu anda perhatikan ketika ingin mencari doc ayam berkualitas adalah dengan memilih yang sehat dan tidak cacat. Apabila anda kedapatan membeli doc ayam dengan kualitas yang buruk, tentu saja hal ini akan berpengaruh pada peternakan dan daging ayam yang dihasilkan.

Dengan begitu, nantinya ayam pun menjadi kurang produktif di dalam menghasilkan daging ayam maupun telur. Sebenarnya, ciri ayam yang tidak sehat atau cacat juga bisa dengan mudah untuk anda kenali. Salah satunya adalah memiliki sayap yang tidak simetris. Selain itu, badan ayam pun cenderung rapuh dan tidak mampu untuk menyangga tubuhnya sendiri.

4. Memiliki Mata yang Cerah

Di dalam memilih doc ayam memang tidak boleh sembarangan. Hal ini dikarenakan doc ayam yang bagus akan mampu menghasilkan daging ayam yang berkualitas pula. Sehingga ketika anda membawanya ke rumah potong ayam, daging tersebut memiliki kualitas yang baik.

Untuk itu, di dalam memilih doc yang berkualitas ada beberapa hal yang perlu untuk anda perhatikan. Diantaranya adalah dengan memilih yang mempunyai mata cerah dan jernih. Selain itu, anda juga perlu menghindari doc ayam yang memiliki mata berair dan buram. Hal ini dikarenakan doc tersebut telah mengalami infeksi.

Biasanya penjualan doc ayam ini akan dilakukan dengan cara memasukkannya ke dalam box. Sebagai pembeli, tentunya anda harus jeli di dalam memilih. Usahakan agar anda memeriksa seluruh kondisi dari doc yang anda beli. Pastikan bahwa semuanya dalam keadaan yang sehat. Hal ini bertujuan agar bisa menghasilkan daging ayam yang baik saat dibawa ke rumah potong ayam.

Tak hanya tahap pemilihan bibit saja yang harus diperhatikan. Cara untuk menyimpan daging ayam yang telah dipotong pun perlu perlakuan khusus. Salah satunya dengan membeli mesin es flake. Dengan menggunakan mesin ini akan bisa menghasilkan es batu yang berkualitas. Sehingga daging ayam pun akan tetap segar hingga ke tangan pembeli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.