Jangan Sembarangan Memulai, Berikut 4 Hal yang Harus Diperhatikan Pada Bisnis Ayam

Daging ayam adalah salah satu bahan makanan yang kerap kali dicari ketika berbelanja. Sumber protein ini dikatakan memiliki harga yang terjangkau, dibandingkan dengan daging lain seperti sapi. Tentunya, ketika anda ingin memulai bisnis rumah potong ayam, jangan sembarangan untuk memulai. Hal ini bertujuan agar nantinya anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlimpah.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Ayam

1. Perhatikan Harga Pasaran Dari Karkas Ayam

Salah satu hal yang perlu anda perhatikan ketika ingin memulai bisnis karkas ayam adalah memperhatikan harga dari karkas ayam. Sebab, konsumen biasanya akan lebih memilih pedagang yang menjual karkas ayam dengan harga terjangkau namun berkualitas terbaik. Oleh karena itu, sebagai pedagang anda wajib hukumnya untuk melakukan survey.

Disini anda bisa melakukan survey ke berbagai pedagang lain yang menjual ayam potong. Kemudian, barulah anda bisa menentukan standar harga jual yang sesuai. Meskipun harga ayam potong cenderung berfluktuasi tergantung dengan sikon dan kondisi, ada baiknya anda menetapkan harga yang sesuai dengan harga yang ada di pasaran.

2. Memperpendek Proses Distribusi

Salah satu keunggulan tersendiri bagi anda yang memiliki peternakan ayam sekaligus rumah potong ayam adalah pada proses distribusi. Sebab, ketika anda memiliki peternakan ayam dan juga RPA, anda pun lebih diuntungkan karena tidak perlu mengirim ayam dengan jarak yang jauh. Sehingga ayam yang akan dipotong pun tidak akan mengalami stres.

Hal selanjutnya adalah sebisa mungkin anda mendirikan rumah pemotongan ayam yang dekat dengan pasar atau tidak terlalu jauh dengan pemukiman penduduk. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar daging karkas ayam yang anda hasilkan tetap dalam keadaan yang segar hingga sampai ke tangan konsumen.

Akan tetapi, anda juga perlu memiliki mesin es flake, dengan adanya mesin ini akan berfungsi untuk menghasilkan es batu yang berkualitas. Ketika anda memiliki mesin satu ini di rumah potong ayam yang anda miliki, maka kualitas dari daging ayam akan tetap terjaga. Sebab, daging ayam akan disimpan menggunakan es batu sehingga menjaga ketahanannya.

3. Jagalah Kualitas Produk Dari Karkas Ayam

Jangan Sembarangan Memulai, Berikut 4 Hal yang Harus Diperhatikan Pada Bisnis Ayam

Daging ayam yang berkualitas tentu saja dikarenakan selama masa ternak hingga panen, ayam tersebut memang telah dirawat sedemikian rupa. Pasalnya, daging ayam dengan kualitas dan mutu yang terbaik akan didapatkan dengan ketika anda memelihara ayam tersebut dengan baik.

Oleh karena itu, anda pun perlu menjaga agar kondisi ayam tetap dalam keadaan yang sehat. Selain itu, anda juga harus selalu memperhatikan kebersihan dari kandang. Tak hanya itu saja, saat proses pemotongan juga perlu dilakukan pengawasan yang tinggi. Sehingga nantinya bisa menghasilkan daging ayam dengan kualitas yang baik pula.

4. Memperhatikan Kualitas dan Mutu Peternakan

Ketika anda memiliki bisnis ternak sekaligus rumah potong ayam, hal ini jauh lebih mudah. Sebab, anda bisa langsung mengontrol dan memperhatikan bagaimana kualitas ayam sejak masa ternak. Pasalnya, mutu dari ayam tak hanya ketika masa ternak saja, melainkan banyak aspek seperti peralatan dan kebersihan peternakan juga harus dijaga untuk menghasilkan daging ayam unggulan.

Untuk itu ketika anda ingin terjun ke bisnis satu ini, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Hal ini bertujuan agar usaha karkas ayam anda bisa memperoleh keuntungan. Ditambah lagi dengan proses yang tepat, nantinya juga dapat menghasilkan daging ayam dengan kualitas yang terbaik dan segar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.