Jenis Es Paling Cocok Untuk Mengawetkan Ikan

Es yang cocok untuk mengawetkan ikan
Potensi hasil laut di Indonesia sangat besar,secara umum kalau ditinjau dari kondisi alam yang di berikan oleh Tuhan kepada bangsa Indonesia, sebetulnya Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Luas keseluruhan wilayah Indonesia adalah 7.081.369 km persegi, perbandingan luas wilayah daratan dan lautan adalah 2:5 atau 1.904.569 : 5.076.800  km persegi. Berdasarkan fakta tersebut maka bisa disimpulkan bahwa Indonesia merupakan negara Maritim. Dengan luas wilayah perairan yang besar tentu saja ada beragam produk perikanan yang bisa dimanfaatkan dalam kegiatan ekonomi, hal ni sudah berlangsung sejak jaman kerajaan di Indonesia, banyak masyarakat di kawasan pesisir pantai di seluruh nusantara yang berprofesi sebagai nelayan dan profesi lainnya yang masih ada kaitannya dengan perikanan.

Menurut data yang dirilis oleh KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) disebutkan bahwa pada semester I nilai ekspor produk perikanan Indonesia mencapai 40 Triliun Rupiah, angka tersebut bisa dibilang besar mengingat masih dalam periode semester pertama., itu saja untuk pasar luar negeri belum termasuk pasar domestik. Namun ada fakta kurang baik, menurut data yang dirilis oleh BPS (Badan Pusat Statistik) pada tahun 2003 sampai 2013, disebutkan bahwa jumlah nelayan pada tahun 2003 sebanyak 1,6 juta sedangkan pada tahun 2013 jumlanya menurun drastis hampir setengahnya sekitar 868.414 saja. Hal ini harus dijadikan perhatian khusus oleh seluruh masyarakat khususnya pemerintah melalui lembaga terkait seperti KKP dalam mencari tahu penyebab berkurangnya populasi nelayan.

Kalau bisa kita asumsikan beberapa kemunngkinan penyebab berkurangnya nelayan diantaranya:

  • Bahan bakar solar yang melambung tidak mampu menutup operasional
  • Perahu/Kapal dan peralatan yang kurang memadai menjadi hambatan
  • Kurangnya perhatian pemerintah melalui dinas terkait, tentang penyuluhan atau bantuan yang dibutuhkan oleh nelayan
  • Pasokan es batu/es balok yang masih kurang, menyebabkan ikan atau hasil produk perikanan lainnya yang belum terjual membusuk dan merugi, dan kemungkinan lainnya.

Pada kesempatan yang baik ini, perkenalkan kami Koller Indonesia merupakan distributor mesin es dan ruang pendingin, terkait dengan kondisi pelaku usaha dan stake  holder kian hari kian menurun pada tingkat terendah dalam hal ini nelayan dan pengepul ikan yang mungkin saja membutuhkan pasokan es batu/es balok yang cukup untuk digunakan mengawetkan produk perikanan dan ketika es batu yang dibutuhkan kurang atau tidak mencukupi maka merugilah mereka. Bagi Anda yang bertempat tinggal di kawasan pesisir pantai dan merasa ingin memiliki usaha yang berprospek bagus ke depan, tidak ada salahnya mencoba untuk membuka peluang bisnis.

Peluang bisnis yang dimaksud adalah menjadi agen es batu/balok tentu saja diwilayah pesisir pantai yang mayoritas penduduknya biasanya nelayan dan pengepul ikan yang pasti membutuhkan es untuk mengawetkan produk perikanan. Walaupun demikian Anda perlu melakukan survey terlebih dahulu berapa banyak jumlah pelaku usaha disana, berapa banyak agen es batu/es balok yang dekat dengan domisili Anda, paling tidak 2 aspek tersebut penting dalam menentukan keputusan selanjutnya. Selanjutnya, persiapkan modal yang perlu dikeluarkan dalam memulai usaha ini, lokasi bisnis, perlengkapan usaha termasuk mesin es, daya listrik, karyawan jika dibutuhkan.

Baca juga: Fakta Air Yang Wajib Untuk Diketahui

Perihal mesin es yang cocok digunakan untuk berbisnis dikawasan sentra perikanan, adalah mesin es balok dan mesin es slurry karena menghasilkan produk es balok dan es slurry (bubur es). Es balok sudah lama dimanfaatkan oleh para nelayan untuk mengawetkan ikan dengan cara mencacah es balok menjadi ukuran yang kecil sedangkan es  slurry lebih disarankan lagi karena komposisinya terdiri atas 60% es dan 40% air asin. Bahan baku yang dipakai untuk memproduksi es slurry adalah air asin atau air garam, Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan kepada Anda semoga memberi inspirasi.

Barangkali ada pertanyaan seputar mesin es bisa langsung menghubungi Tim Sales kami melalui

Telp/WA: 082262029595 (Donny) / 082197678585 (Ana).