es balok

es balok untuk medukung kegiatan usaha

Sudah sejak lama es digunakan oleh masyarakat untuk berbagai macam keperluan, khususnya adalah kegiatan yang terkait dengan roda perekonomian seperti berdagang. khususnya Es Balok sangat familiar dikenal oleh masyarakat sebagai Es yang serbaguna selain itu harganya terbilang murah, rata-rata ukuran Es Balok 50 kg dijual oleh agen sekitar 20.000-30.000 rupiah saja tergantung wilayah. Dengan fakta seperti demikian maka Es Balok menjadi pilihan utama dalam menunjang kegiatan ekonomi masyarakat. Biasanya pengguna Es Balok adalah para pedagang dan nelayan, pedagang yang menggunakan es diantaranya pedagang asongan yang menjual minuman dingin sudah pasti membutuhkan es untuk dimasukkan ke dalam box sebagai alas dari minuman botol yang dijajakan begitu juga nelayan yang memanfatkan es untuk mengawetkan hasil tangkapan di laut agar produk perikanan dalam kondisi segar sampai ke tangan konsumen. 

Namun perlu diperhatikan bahwa memang Es Balok hanya diperuntukkan sebagai pendingin makanan yang tidak dapat langsung dikonsumsi artinya jika dipakai langsung dimasukkan ke dalam minuman sangat tidak disarankan karena mempertimbangkan aspek higientas yang kurang baik namun jika hanya digunakan untuk mendinginkan minuman botol saja tidak menjadi masalah, walaupun kenyataannya saat ini masih ada warung-warung tradisonal kaki lima yang memakai es sebagai pelengkap minuman dingin seperti es jeruk, walaupun es yang dibeli oleh pemilik warung dari agen tersebut sudah dibilas atau dibersihkan dengan air bersih namun tetap saja tidak higienis karena Es Balok yang sudah dibersihkan dengan air masih perlu di pecah-pecah lagi menjadi ukuran lebih kecil menggunakan pisau pencacah es yang mungkin juga tidak steril belum lagi tangan yang memegang es tidak selalu bersih. 

Dengan banyaknya usaha yang membutuhkan Es Balok sebagai penunjang usaha maka hal ini bisa menjadi peluang investasi ataupun bisnis yang menjanjikan untuk Anda yang masih bingung menentukan investasi jangka menengah-panjang bisa mempertimbangkan menjadi Agen Es Balok di area sekitar Anda, tapi alangkah lebih baiknya Anda lakukan survei di daerah tempat tinggal Anda apakah banyak juga agen es yang beroperasi karena kana berpengaruh ke persaingan penjualan es. Jika lokasi Anda dekat dengan pesisir laut ataupun TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Sehingga untuk membuka usaha Agen Es Balok sudah melalui perencanaan yang matang, segala sesuautnya sudah harus dipikirkan dengan seksama. Lokasi srategis turut membantu perkembangan usaha agar semakin maju karena semakin banyak orang tahu akan semakin baik walaupun tidak membutuhkan sekarang mungkin suatu saat butuh.  

Sebagai contoh perhitungan awal modal yang dibutuhkan untuk membeli Mesin Es Balok Koller DK20 ukuran 2 ton seharga 272 juta kemudian biaya instalasi listrik ke PLN kurang lebih 1,5 juta dan keperluan lainnya paling tidak Anda perlu mempersiapkan dana sekitar 300 juta. Setelah semua peralatan dan lokasi usaha sudah siap maka tinggal pemasaran dan distribusi es lebih di maksimalkan dengan mendatangi tempat usaha-usaha terdekat yang bergerak dibidang industri pengolahan makanan atau bisa juga didistribusikan ke rumah-rumah makan dengan catatan es yang diproduksi dengan mengutamakan kebersihan dan penyimpanan es di tempat yang bersih seperti Cold Room/Cold Storage selain itu Anda perlu mengedukasi para pemilik warung untuk senntiasa menjaga kebersihan tempat/box yang digunakan untuk menyimpan es yang sudah jadi, konsumen yang menikmati sajian minuman juga terhindar dari penyakit. 

Baca juga: Investasi Agen Es Kristal Yang Menjanjikan

Kami dari Koller Indonesia bisa membantu menyediakan kebutuhan Mesin Es Balok yang terdiri atas beberapa pilihan kapasitas produksi harian mulai dari 500 kg sampai 20 ton. Silakan aukan pertanyaan atau konsultasikan kepada kami mengenai kebutuhan Anda dan kami akan memberikan saran yang sesuai. Hubungi Customer Service kami di nomor 082298808180. Dengan senaang hati kami akan membantu Anda.