Susu segar merupakan sumber gizi yang berasaa dari Sapi, walaupun produk susu bisa berasal dari hewan lain seperti Kambing, Domba, Unta dan lain sebagainya tapi ketika kita bicara susu segar maka tentu rujukan utama pasti Susu Sapi. Baiklah topik pembhasan artikel pda kesempatan kali ini adalah mengenai tips menyimpan susu segar yang paling benar, kenapa bisa paling benar ? Karena berdasarakan pengalaman pribadi si penulis juga merangkum berbagai sumber yang ada. Sehingga informasi yang akan kami bagikan kepada Anda bisa dipertanggung jawabkan.

Asumsinya Anda sebagai penjual minuman Susu Sapi segar pemula yang nantinya akan bersinggungan dengan Susu Sapi, setelah Anda dapatkan Susu dari peternakan, hal apa yang harus Anda lakukan ? Langkah yang pertama Anda yang harus dilakukan adalah menyaring Susu tersebut kemudian tahapan selanjutnya pasteurisasi atau memanaskannya pada kondisi temperatur suhu tertentu yaitu 70°C selama kurang lebih sekitar 15 menit. Metode seperti ini seperti ini aalah cara paling sederhana dalam memasak Susu Sapi, bisa Anda lakukan sendiri.

Lebih dari itu sebenaranya ada metode yang lebih spesifik yaitu prosesnya harus dilengkapi peralatan yang mendukung seperti timbangan digital, mikroskop, alat penyaring berukuran nono, dll. Tujuan ada timbangan adalah untuk mengetahui berapa gram susu yang diamati, hal ini terkait dengan adanya bakteri, misal dalam 100 gr susu sapi terdapat berapa banyak bakteri yang terkandung ketika proses lanjutannya dicek melalui mikroskop. Alat saring berukuran nano sebenarnya bersifat opsional saja, digunakan kalau memag digunakan.

Cara terbaik menurut kami adalah dengan menyimpannya dengan suhu minimal 40°F atau 4,5°C ketika susu dalam keadaan masih segar artinya sesaat setelah didapatkan dari peternak langsung didiamkan pada ruang dengan suhu tersebut diatas, jika dibiarkan dalam suhu ruangan maka bisa kami pastikan Susu Sapi tidak akan bertahan lama paling tidak 1 hari saja, walalupun mungkin perubahannnya tidak terlalu signifikan tapi aka menuju proses pembusukan, oleh karena itu temperatur suhu yang disarankan adalah sekitar 4°C sampai 2°C. Pada kondisi tersebut Susu Segar bisa bertahan sampai 5 hari dengan catatan wadah harus tertututp rapat, alias kedap udara.

Baca Juga: Tips Menyimpan Sayuran Efektif dalam Cold Storage

Demikianlah tips sederhana terkait menyimpan susu segar yang bisa kami bagikan kepada Anda khususnya para pengusaha maupun perusahaan yang memiliki produk Susus Sapi segar. Kami sebagai distributor produk Koller, memiliki cold room yang bisa difungsikan untuk media penyimpanan yang cocok untuk menyimpan Susu Segar dengan sesuai dengan standar industri di Indonesia. Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai produk Koller silakan menghubungi kami melalui:

Telp/WA: 082298808180 (Nordy)

Instagram: koller.id

Youtube: Koller Indonesia