Manfaat Es Batu

Manfaat Es Batu

Awal penemuan es batu dawali oleh penemuan seoarang fisikawan asal Amerika Serikat bernama John Gorrie pada tahun 1844 melalui mesin pendingin yang saat ini dikenal dengan nama Kulkas. Pada temuannya tersebut metode pendinginannya yakni di dalam mesin pendingin menghembuskan udara dingin ke seluruh ruang mesin. Pada tahun tersebut John Gorrie dianggap sebagai penemu es batu untuk pertama kalinya di dunia, namun pada saat itu dia memanfaatkan es batu untuk keperluan menurunkan udara ruangan. Kemudian atas  penemuannya tersebut di sebarluaskan ke seluruh dunia, 2 tahun berikutnya es batu mulai masuk ke Indonesia melalui kiriman dari sebuah kapal yang mengangkut bongkahan es batu yang berasal dari Amerika Serikat tepatnya kapal bertolak dari kota Boston. Kapala bermuatan es tiba di Indonesia dengan tujuan Jakarta yang pada saat itu masih bernama Batavia pada tanggal 17 November 1846. 

Sekilas informasi mengenai sejarah penemuan es batu hingga awal mula masuk ke Indonesia hingga saat ini es batu digunakan secara luas untuk berbagai kebutuhan masyarakat. Khususnya untuk kebutuhan bisnis, hampir seluruh kegiatan bisnis membutuhkan es batu untuk kepentingannya masing-masing mulai dari industri pengolahan makanan, makanan dan minuman ringan, farmasi hingga ke konstruksi.  Beragam manfaat es batu tidak hanya dalam hal menunjang kegiatan bisnis saja namun lebih daripada itu seiring dengan perkembangan teknologi, khususnya dibidang kesehatan melalui riset yang dikembangkan oleh beberapa tim dokter dibanyak negara telah menemukan fakta bahwa manfaat es batu baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat es batu di dunia kesehatan modern: 

  • Pereda Nyeri Tubuh 

Mengistirahatkan dan merelaksasi seluruh bagian tubuh yang mengalami nyeri yang disebabkan oleh aktivitas harian terkadang bisa meredakan nyeri namun untuk kasus yang tidak bisa diredakan hanya dengan beristirahat maupun relaksasi perlua adanya penanganan yang khusus misalkan dengan memijat halus area tubuh yang nyeri dengan balsem. Namun tidak semua orang cocok dengan Balsem karena kurang nyaman, maka solusi terbaik untuk meringankan nyeri pada tubuh adalah memanfatkan es batu untuk mengompres, bahan dan peralatan yang dibutuhkan cukup sederhana saja yakni kantong plastik bersih, beberapa buah es batu yang sudah dihancurkan dan karet/tali pengikat. Cara mengompres yang baik dan benar adalah meletakkan es ke bagian yang sakit sambil menekan selama 5 menit kemudian lepas, cara tersebut dilakukan ssecara berulang-ulang hingga nyeri berangsur sembuh. 

  • Pereda Gusi Bengkak 

Meredakan usi bengkak ada berbagai macam cara bisa dengan mengkonsumsi Obat Anti Inflamasi Non Steroid (OAINS) yang bisa didapatkan melalui resep dokter maupun apotek. Namun masih ada cara lainnya yang terbukti ampuh dalam mengobati gusi bengkak yakni dengan melakukan kompres ke titik yang terasa nyeri, waktu mengompres tidak memerlukan waktu yang lama cukup 10-15 menit saja. 

  • Pereda Cedera 

Cedera bisa diderita oleh siapa saja khususnya para olahragawan yang melakukan aktivitas olah tubuh sesuai dengan bidang olahraganya masing-masing, yang paling sering kita jumpai adalah pesepakbola yang sepanjang pertandingan terus aktif bergerak berlari untuk menggiring dan memperebutkan bola. Disuatu saat pasti ada pemain yang cedera karena benturan dengan lawan, nah disini kita sering melihat bahwa tim medis membawa handuk yang bersisi es untuk dipijatkan ke kaki pemaimn untuk meredakan nyeri sementara sebelum dilakukan tindakan medis lebih lanjut.. 

Baca juga: Beberapa Macam Jenis Es dan Kegunaannya

Demikian informasi yang bisa kami berikan untuk Anda semoga bermanfaat dalam menambah pengetahuan khususnya mengenai manfaat es batu. Kami Koller Indonesia adalah Distributor Mesin Es dan Cold Room, jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap mengenai harga ataupun spesifikasi produk silakan hubungi CS kami. Dengan senang hati kami akan membantu Anda.