Memiliki sebuah bisnis merupakan impian dari sebagian orang dan mungkin juga impian Anda yang memiliki jiwa enterpreneur yang tinggi, dengan membuka sebuah bisnis yang kemudian dikelola secara mandiri secara tidak langsung Anda dapat menerapkan ide atau gagasan mengenai bisnis apa yang memiliki prospek cerah kedepannya. Seorang pengusaha bisa bebas menentukan aturan bisnisnya sendiri tanpa terikat aturan berbeda dengan bekerja sebagai karyawan swasta yang pasti terikat oleh Standar Operasional Prosedur yang telah ditentukan oleh perusahaan. 

Tips Memulai Usaha Cafe

Tips Memulai Usaha Cafe

Berbicara mengenai prospek bisnis yang memiliki potensi untuk berkembang untuk saat ini dan dimasa depan salah satunya adalah membuka usaha Cafe, mengapa Cafe ? Mari kita bahas satu per satu alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan usaha Cafe sebagai pilihan untuk bisnis Anda. Berikut ini ulasannya: 

  • Modal yang relatif tidak terlalu besar, kisaran 50 Jutaan saja. Hitungan kasar secara garis besar yang paling utama adalah sewa stand/ruko sekitar 20 jutaan per tahun (di kota besar seperti Surabaya), biaya izin usaha Rp.3.000.000, biaya pegawai 2 orang @Rp. 1.500.000 = 3.000.000, biaya dekorasi usaha Rp. 3.000.000, biaya listrik Rp.500.000 dan biaya lainnya bisa mencapai Rp.40.000.000 dan sisanya bisa Anda gunakan untuk jaga-jaga. 
  • Saat ini perkembangan tempat hiburan khususnya di kota besar sangat pesat, banyak sekali dijumpai warung kopi dari kelas standar sampai yang esklusif di setiap sudut jalan dan semuanya memiliki target pasar masing-masing, maka Cafe pun juga demikian bisa menjadi alternatif pilihan yang baik untuk Anda. 
  • Dari segi konsumen untuk Cafe bisa dibilang menjanjikan karena populasi masyarakat kota yang modern dan kalangan milenial adalah target utama bisnis Cafe Anda. Orang akan mencari hiburan dengan pergi keluar rumah untuk melepaskan penat di tengah rutinitas harian yang padat dan melelahkan dengan mengunjungi Cafe  
  • Umumnya bahan baku dari menu yang disajikan oleh Cafe merupakan minuman dan makanan ringan yang dari segi ketahanan cukup baik karena bahan baku minuman dan makanan ringan dalam hal penyimpanan tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu memikirkan Chiller/Pendingin saja. Berbeda halnya jika Anda membuka restoran yang beberapa bahan baku masakan bisa cepat basi jika tidak di simpan dengan baik. 

Setelah pembahasan mengenai prospek bisnis Cafe yang menjanjikan, ada beberapa hal lagi yang perlu Anda pikirkan demi kelancaran usaha yakni soal suplai es batu yang pasti dibutuhkan dihampir setiap minuman seperti Ice Tea, Milk Shake, Milk Tea, Fruit JuiceMocktail (non Alkohol), Cocktail (Alkohol) dsb. Umumnya jenis es batu yang digunakan dalam pendingin dan pelengkapan minuman di Cafe adalah Es Tube (berbentuk tabung dengan lubang ditengah) dan Es Cube (berbentuk kubus), keduanya jenis es yang layak untuk dikonsumsi secara langsung.

milk tea ice

milk tea ice

Permasalahannya jika kondisi Cafe ramai pengunjung dan suplai es batu masih kurang maka akan mempengaruhi stabilitas dan kelancaran usaha, terlebih jika Cafe Anda sudah berkembang sedangkan suplai es batu (es tube/es cube) masih tergantung oleh suplier maka hal ini menjadi masalah yang besar. Untuk itu Anda harus memiliki mesin pembuat es batu sendiri untuk mencukupi kebutuhan es batu untuk Cafe Anda agar tidak tergantung oleh pasokan supplier, jika di nilai dari harga Es Tube kemasan plastik  5 kg dipasaran saat ini berada dikisaran Rp. 7.000 saja terbilang murah tetapi akan lebih baik jika Anda memiliki mesin sendiri. 

Baca Juga: Fakta Ikan Tuna Serta Cara Penyimpanan Yang Baik 

Kami dari Pandu Distributor (Distributor Mesin Es Koller) menjual Mesin Es Tube/Tube Ice Machine dan Mesin Es Cube/Cube Ice Machine dengan merek dagang KollerKoller merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pendinginan mesin yang berpengalaman sejak tahun 2004 berlokasi di Guangzhou dan telah dikenal luas oleh dunia sebagai salahsatu perusahaan penyedia peralatan pendingin yang terkemuka.  Penyebaran produk Koller telah sampai ke beberapa kawasan diantaranya Eropa, Amerika Selatan, Australia, Asia Tenggara, Afrika dan Kepulauan di Pasifik Selatan. 

Es Cube

Es Cube

Kunjungi galeri produk yang kami tawarkan Mesin Es Cube (klik disini) dan Mesin Es Tube (klik disini) jika ada pertanyan silakan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai produk kami di nomor 082298808180 (Telp/WA)