Dengan rutin memberikan vaksin pada ayam broiler, tentunya akan membuat ayam tersebut akan sehat ketika dibawa ke rumah potong ayam. Sebagai peternak, anda pun perlu mengetahui beberapa jenis vaksin yang bisa anda berikan kepada ayam potong tersebut. Hal ini dikarenakan setiap vaksin memiliki manfaat dan khasiatnya masing masing.

Jenis Vaksin Ayam yang Harus Anda Tahu

Vaksin yang Diberikan Pada Ayam Broiler

1. Coryza T.

Vaksin satu ini wajib anda berikan ketika ayam sering mengalami snot atau mata lebab. Hal ini bertujuan agar ayam bisa tetap sehat dan terhindar dari penyakit satu ini. meskipun penyakit satu ini tidak menimbulkan kematian dalam jumlah yang banyak, akan tetapi mampu menghambat pertumbuhan pada ayam dan membuat nafsu makan menjadi berkurang.

Untuk cara pemberiannya sendiri yakni disuntuk dalam dosis sekitar 0.2 ml. Dosis ini juga bisa anda tanyakan ketika membelinya di toko vaksin. Berikan ketika usia ayam baru menginjak umur 3 hingga 5 hari. Penyuntikan ini bisa anda berikan pada bagian leher atau cenggel. Dalam pemberiannya, jangan sampai mengenai balung leher.

2. ND IB

Vaksin yang Diberikan Pada Ayam Broiler

Memiliki ayam yang sehat saat akan dikirim ke rumah potong ayam, tentunya anda harus rutin untuk memberikan vaksin. Salah satu jenis vaksin yang wajib untuk anda berikan adalah ND IB. Vaksin satu ini dapat berfungsi untuk mencegah bronkitis pada ayam. Cara penggunaan nya sendiri bisa anda lakukan dengan tetes mata.

Biasanya vaksin yang memiliki bentuk pil ini akan dilarutkan pada larutan yang berwarna biru. Larutan tersebut akan anda dapatkan ketika anda membeli vaksin. Kemudian, anda pun bisa menuangkannya ke dalam larutan tersebut akan pil bisa larut. Lalu, anda bisa melubangi wadahnya agar mudah ketika ingin meneteskannya ke ayam.

Pemberian vaksin ND IB ini bisa anda lakukan ketika ayam dalam usia 3 hingga 5 hari. Sehingga anda bisa menggabungkan pemberian vaksin jenis ND IB dengan Coryza T. Anda bisa meneteskannya pada kedua mata atau satu mata saja. hal ini bertujuan agar ayam tetap sehat hingga masa panen dan dibawa ke rumah potong ayam.

Usahakan mata ayam tersebut telah terbuka, sehingga vaksin cepat masuk. Sedangkan untuk dosis dari vaksin itu sendiri sebaiknya anda memberikannya dalam dua kali dosis. Sehingga nantinya anda bisa mendapatkan ayam yang sehat hingga mencapai usia 35 sampai 40 hari.

3. Gumboro A

Vaksin yang Diberikan Pada Ayam Broiler

Penyakit gumboro memiliki dampak yang berbahaya bagi hewan unggas, seperti ayam. Hal ini dikarenakan jika ayam terkena penyakit satu ini akan bisa menyerang hari dan ayam pun akan memiliki tumbuh kembang yang tidak sempurna. Oleh karena itu, ketika ayam mengalami penyakit ini akan bisa menyebabkan kematian lebih dari 20 ekor ayam.

Untuk itu, bagi anda yang ingin memiliki ayam yang sehat hingga dibawa ke rumah potong ayam sebaiknya anda memberikan vaksin ini. cara pemberiannya yaitu ketika ayam berusia 10 hingga 15 hari. Caranya adalah melalui air minum dan buka vaksin tuangkan pada air yang ada di dalam bak. Campur hingga merata dan berikan untuk minuman ayam.

Pemberian vaksin yang sesuai akan membuat ayam tumbuh sehat. Ketika ayam sehat, tentunya akan bisa memiliki daging yang enak. Bagi anda yang memiliki RPA, ada baiknya anda juga mempunyai mesin flake untuk penghasil es batu. Dengan adanya mesin ini, akan bisa membuat daging ayam tetap segar dan awet hingga sampai ke tangan pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *