Mesin flake ice atau ice flake machine, menjadi salah satu alat yang dibutuhkan dalam usaha RPA atau rumah potong ayam. Hal ini tak terlepas dari fungsi ice flake machine itu sendiri, yang berguna untuk membuat es batu dalam bentuk pecahan kecil. Bahkan supermarket dan swalayan juga dapat menggunakannya secara luas.

Kenapa RPA Membutuhkan Ice Flake Machine ?

Bisa dibilang bahwa usaha rumah potong ayam memang sangat menggiurkan. Terlebih di Indonesia, tingkat konsumsi daging ayam adalah yang paling tinggi. Tak ayal, bisnis fried chicken berdiri di mana mana. Pedagang kaki lima yang menjajakkan lalapan pun, tidak pernah lepas dari daging ayam sebagai salah satu menunya.

Hal ini membuat usaha RPA menjadi untung besar. Meski begitu, tidak selalu pundi pundi rupiah yang melimpah akan didapat apabila para pengusaha ini tidak memperhatikan berbagai aspek di dalamnya. Mulai dari proses pembersihan, penyembelihan, hingga proses penyimpanan dan pengawetan daging ayam juga harus dipikirkan untuk menekan modal yang dikeluarkan.

Inilah mengapa anda sebagai RPA membutuhkan mesin flake. Pasalnya proses penyimpanan dan pengawetan daging ayam tersebut tentu membutuhkan jumlah es dalam skala cukup besar. Dan jika tidak memenuhi, maka kualitas dari daging ayam yang disimpan bisa menurun sebelum berada di tangan konsumen terakhir.

Mungkin anda kini telah menyuplai es balok untuk kebutuhan tersebut. Namun apakah es balok ini menjadi pilihan yang efisien ? Dimana es balok ini tidak bisa langsung digunakan untuk mengawetkan daging ayam, melainkan perlu untuk dihancurkan terlebih dahulu. Berbeda dengan ice flake machine yang membuat anda bisa langsung mendapatkan es dalam bentuk serpihan.

Di samping itu jika dihitung hitung kembali, biaya yang dikeluarkan untuk menghadirkan es balok ternyata jauh lebih besar bila dibandingkan dengan biaya dari penggunaan mesin flake. Meski begitu, mungkin masih banyak yang merasa ragu atau berat dalam pembelian mesinnya. Padahal mesin ini bisa anda jadikan sebagai investasi di masa depan.

Keunggulan dan Cara Kerja Ice Flake Machine

Mengenal Berbagai Keunggulan dari Mesin Flake

Ice flake machine berguna untuk menyimpan serta mengawetkan berbagai produk makanan. Pada ranah RPU, swalayan, supermarket yang menyediakan frozen food, maka mesin satu ini akan memiliki peranan besar. Bentuknya sendiri seperti serpihan kaca dengan ketebalan sekitar 1 hingga 1,2 mm, dengan karakteristik kering, tipis, dan tidak mudah menggumpal.

Dengan bentuk dan karakteristiknya tersebut, es flake bisa diaplikasikan secara langsung ke produk makanan dan secara cepat mampu mendinginkan bahan tersebut. Selain untuk mendinginkan bahan makanan, ternyata es flake atau es serpihan ini juga banyak dimanfaatkan dalam proses pendinginan beton pada industri bangunan dan konstruksi.

Proses kerja dari mesin flake yaitu dalam refrigerasi mempunyai kesamaan terhadap mesin es tube. Gas yang mempunyai tekanan rendah masuk ke pipa evaporator, dan bahan baku air akan mengaliri seluruh tabung. Air yang mengalir dengan cepat ini kemudian akan berubah menjadi es, yang mengitari permukaan tabung secara merata.

Setelah terbentuk es flake, selanjutnya pisau yang ada di dalam mesin akan menghancurkannya sehingga es tersebut jatuh ke dalam bin atau penampung es. Letak dari penampung es ini tepat di bawah tabung drum es, sehingga mudah dijangkau. Es flake ini pun bisa langsung diaplikasikan untuk mengawetkan bahan makanan.

Melihat bagaimana kegunaan dari ice flake machine ini, sebaiknya anda tidak perlu ragu lagi untuk menghadirkannya dalam usaha. Sebab bisa menjadi investasi jangka panjang, yang dapat menekan biaya lain seperti pembelian es balok dalam skala besar. Daya yang dibutuhkan bahkan terbilang rendah, dan bisa memproduksi 500 kg atau lebih dalam sehari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *