Maraknya usaha minuman dingin ternyata berjalan segaris dengan meningkatnya kebutuhan mesin pembuatan es. Salah satunya adalah mesin jenis es tube atau tabung, yang mana dikenal lebih sehat, higienis, dan jernih. Ternyata, untuk menghasilkan es yang berkualitas dibutuhkan komponen filter di dalam mesin es tube. Untuk membantu Anda mengenal lebih baik, simak ulasan berikut ini.

Komponen Filter Pada Mesin

Sebenarnya, apa itu filter? Secara harfiah arti dari nama komponen ini adalah penyaring, yang mana mewakili fungsi dari peranti ini. Komponen filter sendiri memiliki rupa yang berbeda dari satu mesin ke mesin lainnya. Hal tersebut didapat karena fungsi dari komponen ini akan berkaitan erat dengan desain atau bentuk dari mesin pembuatan es itu sendiri.

Seperti pada mesin es kristal berbentuk tabung, yang komponen filternya memiliki tampilan berbentuk tabung. Di bagian luarnya, terdapat kisi kisi yang terbuat dari material tipis nan rekat untuk melakukan penyaringan air. Ada pula yang berbentuk layaknya grill, dengan tampilan lebih persegi. Meski memiliki bentuk dan tampilan, namun komponen ini tidak bisa dihilangkan.

Kegunaan Dari Filter

Seperti yang telah disinggung di poin sebelumnya, mesin es tube ataupun balok akan memiliki komponen filter untuk penyaringan air. Peranti ini sebenarnya juga dikenal dengan nama water filter karena memang bertugas untuk menentukan kejernihan air yang akan dibekukan. Layaknya komponen pendingin utama, kehadiran filter juga akan mempengaruhi hasil akhir es tabung.

Dalam hal ini, penyaringan air akan bertugas untuk mengatur tingkat kejernihan dan kebersihan air. Bilik tipis nan sempit akan menyaring partikel kecil dari air, yang kemudian masuk ke dalam proses pendinginan. Proses saring tersebut hendaknya diperhatikan karena berpengaruh pada sterilitas dari suatu produk. Karena itulah, bagian filter ini sendiri akan membutuhkan perawatan rutin.

Cara Merawat Filter

Mesin Es Tube

Jika Anda menggunakan mesin ini untuk produksi es masal, dalam artian untuk bisnis, maka perlu dilakukan perawatan rutin. Baik itu merupakan perawatan menyeluruh atau pun hanya pada bagian mesin es tube tertentu, hal tersebut akan mengurangi risiko kerusakan dan turunnya kualitas es kristal. Terutama untuk tingkat higienis dan kejernihan es.

Anda bisa membersihkan perangkat filter setelah penyaring kotor atau tersumbat. Namun, ada baiknya menghindari kondisi tersebut dengan melakukan perawatan sebelum terjadi kerusakan. Untuk melakukan perawatan, Anda perlu membuka bagian penutup filter dan mengeluarkan kanvas carbon. Ada baiknya Anda mengganti atau gunakan kanvas carbon cadangan.

Jika ingin menggunakannya kembali, pastikan untuk membersihkan setiap bagian kanvas carbon dengan teliti. Hilangkan lumut dan pastikan tidak ada bagian yang tersumbat. Selain itu, jangan lu8pa untuk turut membersihkan kisi kisi pada filter. Untuk bagian ini, lebih baik Anda gunakan sikat gigi halus untuk meraih area sempit yang susah untuk dibersihkan.

Dalam proses pembersihan filter mesin es tube tersebut, pastikan tidak ada kotoran atau lumut yang menempel. Apabila sudah bersih, pasang kembali dan dialiri dengan air untuk melihat apakah ada bagian yang tersumbat atau tidak. Anda juga bisa melihat apakah air yang mengalir sudah kembali jernih dan bersih seperti semula.

Secara keseluruhan, filter merupakan salah satu komponen krusial yang ada di dalam mesin es kristal. Baik itu untuk jenis es tube ataupun balok, tidak bisa dipungkiri bahwa sistem saring ini memiliki peran penting. Peran tersebut adalah untuk mengatur tingkat kebersihan, kejernihan, dan kebeningan dari es tabung yang seharusnya terus dijaga dengan perawatan rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *