Mengenal Seni Memahat Es Balok (Ice Carving)

Seni Memahat Es

Seni Memahat Es

Pada umumnya seni memahat menggunakan media kayu dan batu. Produk dari seni pahatan tersebut akan dijadikan ornamen untuk mempercantik desain dekorasi dari sebuah ruangan. Zaman yang semakin berkembang orang akan selalu memunculkan berbagai macam ide dan inovasi. Masih tetap pada seni memahat namun media yang digunakan adalah es balok, nantinya hasil dari pahatan dapat berupa berwujud 3 dimensi seperti Alphabet (Nama/Inisial), miniatur bangunan seperti rumah, gedung bertingkat, apartment. Selain itu juga biasanya dijadikan miniatur seorang manusia atau tokoh terkenal, kemudian berbentuk hewan seperti Singa, Beruang, Gajah dan lain-lain. Jika hasil produk selesai selanjutnya agar semakin cantik ditambahkan lampu berwarna-warni. Pahatan es selanjutnya bisa digunakan untuk menghias berbagai macam acara & pesta.

Hal ini dimanfaatkan oleh sebagian orang sebagai mata pencaharian yang baru yakni sebagai Ahli Pemahat Es, sekarang ini mulai bergeliat sekolah kuliner yang bisanaya hanya memberikan pendidikan Perhotelan khususnya dibidang Food & Beverage. Dari berbagai mata pelajaran yang terdapat pada jurusan tersebut salahsatunya pelajaran Seni Memahat Es (Ice Carving/Ice Sculpture). Sebelum mahasiswa melaksanakan praktek memahat es balok, sebelumnya mereka akan dibekali teori  dari Chef yang memberi penjelasan mengenai teknik memotong, mengikis dan tentu saja memahat. Setelah tahapan teori di kuasai selanjutnya adalah mempersiapkan peralatan untuk praktek yakni alat pahat (terdiri atas berbagai ukuran), gergaji, mesin bor, dan peralatan pendukung lainnya.

Para lulusan sekolah perhotelan yang telah lulus umumhya bisa langsung bekerja di Hotel maupun Tempat Hiburan. Lebih spesifik lagi dapat berprofesi sebagai Ice Carving Artist. Untuk bayaran dari pekerjan Ice Carver ini adalah mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung pengalaman dan tingkat kesulitan dari obyek yang dibuat, Oleh kaena itu profesi sebagai pemahat es ini sangat menjanjikan untuk ditekuni. Selain dikerjakan dengan cara manual saat ini juga dikembangkan sebuah mesin yang dapat digunakan untuk membuat hasil karya seni patung es, Mesin CNC dan sistem moulding merupakan dua perangkat yang umum digunakan saat ini. Keunggulannya yakni obyek 3 dimensi yang dihasilkan bisa ditambahkan warna sesuai keinginan, warna yang ditambahkan berasal dari gel maupun pasir khusus.

Di Indonesia ini memang masih jarang yang memanfaatkan patung 3 dimensi dari es untuk menghias dan mempercantik dekorasi pesta pernikahan, aniversari, dsb. Penyebabnya adalah karena Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang tidak memiliki musim dingin sehingga kurang cocok. Andaikata dalam sebuah pesta di Indonesia menggunakan produk 3 dimensi dari ice carving, meskipun saat ini mulai berkembang di Indonesia namun seni memahat es masih kurang peminatnya bahkan untuk komunitas rasanya juga masih jarang atau mungkin tidak ada sama sekali. Bahan baku es yang cocok digunakan untuk seni memahat es ini adalah es balok biasa dan es balok bening.

Baca juga: Tips Memilih Cetakan Es Batu Yang Baik dan Sesuai

Demikian informasi mengenai seni memahat es untuk menambah wawasan Anda tentang macam-macam kegunaan es yang tidak terbatas pada penggunaan konsumsi ataupun untuk mengawetkan logistik (makanan, minuman, dsb). Kami Pandu Distributor atau Koller Indonesia merupakan distributor mesin es dan ruang pendingin, salahsatu produk unggulan kami diantaranya Mesin Es Balok dengan kapasitas mulai dari 500 kg per hari sampai 20 ton per hari. Jika Anda membutuhkan Mesin Es Balok untuk kebutuhan usaha Anda, silakan hubungi Sales kami melalui :

Telp Kantor: (031) 5930446

HP/WA       : 082262029595 (Donny) / 082197678585 (Ana)