Konsumsi daging ayam di Indonesia yang bisa dibilang sangat tinggi, membuat peluang usaha rumah potong ayam meningkat. Demi memenuhi suplai daging ayam ke berbagai supermarket dan swalayan. Dalam penyimpanan bahan tersebut, masih ditemukan banyak yang menggunakan es balok dibandingkan es serpihan dari mesin flake.

Es Flake VS Es Balok

Menggunakan Es Flake atau Es Balok untuk Mengawetkan Daging Ayam

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa penggunaan es balok masih lebih banyak, untuk mendinginkan bahan makanan serta pendistribusiannya. Termasuk pula pada bahan daging ayam di RPA ini. Hal ini karena es balok memang mudah ditemukan di mana mana, sehingga menghadirkannya dirasa jauh lebih mudah.

Akan tetapi, apakah benar penggunaan es balok dalam aspek ini jauh lebih efisien bila dibandingkan dengan penggunaan es flake atau es serpihan ? Nyatanya es flake ini ternyata bisa lebih efektif. Sebab anda dapat menghemat waktu, mengingat bahwa es balok tidak dapat diaplikasikan langsung begitu saja.

Namun anda perlu untuk memecahnya terlebih dahulu, agar es tersebut mampu mendinginkan bahan dengan cepat secara lebih merata. Lain halnya bila anda menggunakan es serpihan dari mesin flake. Karena es yang dihasilkan berbentuk serpihan atau flake, maka dapat langsung diaplikasikan untuk membekukan bahan dengan cepat.

Tingkat suhunya pun bisa mencapai -15 derajat celcius dengan tekstur kering dan tidak menempel, sehingga mudah untuk digunakan dan disimpan. Es serpihan ini bersifat sanitasi, bersih dan mempunyai efek reduksi suhu yang cukup cepat. Benar benar begitu efisien dalam pengaplikasiannya.

Di samping itu, bila dihitung kembali maka modal yang anda keluarkan untuk menghadirkan ice flake machine penghasil es serpihan ini jauh lebih hemat dibandingkan dana untuk es balok. Pasalnya es balok yang dibutuhkan per harinya untuk membekukan bahan bisa cukup banyak, dan anda tentu harus terus menyiapkannya selama operasional usaha berlangsung.

Dengan kata lain, setiap hari harus disediakan anggaran untuk menghadirkan es balok. Namun bila anda memilih untuk menyiapkan mesin flake di awal, maka modal yang dikeluarkan untuk proses pengawetan daging ayam berhenti di situ saja. Karena selanjutnya ice flake machine ini dapat terus digunakan untuk membuat es flake setiap harinya.

Tentu ini bisa menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan. Terlebih anda dapat menggunakan berbagai macam air untuk membuat es flake dengan mesin ini, mulai dari air sumur, air tanah, air tawar, bahkan air laut. Selain itu, daya energi yang dibutuhkan untuk mesin terbilang irit dengan hasil es hingga berton ton.

Keunggulan Ice Flake Machine

 

Menggunakan Es Flake atau Es Balok untuk Mengawetkan Daging Ayam

Selain dapat digunakan untuk membekukan daging ayam, es flake paling banyak dimanfaatkan untuk industri perikanan. Nelayan yang menangkap ikan di tengah laut, membutuhkan es serpihan atau es flake ini untuk mendinginkan ikan agar kualitasnya tetap terjaga ketika tiba di daratan.

Biasanya mesin flake akan dibawa karena begitu mudah penggunaannya. Bahkan dengan memanfaatkan air laut, es flake bisa dihasilkan dari mesin satu ini. Dan mesin ini pun bisa dihidupkan menggunakan genset, mengingat bahwa di tengah laut akan sulit mencari sumber listrik untuk menghadirkan daya.

Intinya jika untuk membekukan atau mendinginkan bahan makanan, diperlukan rantai dingin berupa es flake ini. Pasalnya es serpihan bisa langsung diaplikasikan dan mampu mendinginkan bahan dengan cepat dan merata, karena dapat masuk ke sela sela bahan. Kehadiran dari ice flake machine pun jadi sangat penting untuk menghasilkan es serpihan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *