Daging ayam yang termasuk sebagai daging putih, dinilai jauh lebih sehat serta rendah kolesterol bila dibandingkan dengan daging merah. Inilah mengapa ayam menjadi salah satu bahan makanan yang paling digemari oleh masyarakat. Hal ini tentu membuat peluang usaha rumah potong ayam jadi bisnis yang cukup menjanjikan.

Peluang Bisnis Rumah Potong Ayam

Mengulik Peluang dari Usaha Rumah Potong Ayam

Peningkatan GDP atau produk domestik bruto setiap tahunnya, mendorong daya beli dari masyarakat. Hal ini membuat konsumsi ayam tiap tahunnya pun turut meningkat pesat. Bahkan meski menghadapi masa pandemi, konsumsi ayam di masyarakat tidak bisa dibilang menurun. Bisa dilihat bahwa berbagai restoran besar maupun pedagang kecil, selalu menyertakan menu ayam.

Bahkan di dapur rumah tangga pun, menu ayam bisa dengan mudah ditemukan sehari hari. Sehingga peluang bisnis rumah potong ayam bisa dibilang sebagai usaha yang cukup menjanjikan. Kontribusi dari rumah pemotongan unggas ini terus mengalami peningkatan, dalam memenuhi kebutuhan ayam di dalam negeri.

Bila sebelum sebelumnya hanya berkontribusi sekitar 5 persen per tahun, maka saat ini sudah menyumbang menjadi 15 persen total kebutuhan ayam untuk berbagai daerah di Indonesia. Meski sudah mengalami peningkatan dan peluang usaha rumah potong ayam cukup tinggi, sebenarnya angka ini pun terbilang masih rendah dan usaha ini sendiri belum banyak dilirik.

Manfaat Rumah Potong Ayam

Mengulik Peluang dari Usaha Rumah Potong Ayam

Alasan mengapa rumah potong ayam belum banyak dilirik oleh pelaku usaha, adalah karena banyak masyarakat yang masih lebih banyak memilih ayam hidup dipotong di pasar dibandingkan produk ayam beku. Dimana usaha rumah potong ayam, tentunya akan menyediakan produk beku untuk didistribusikan pada masyarakat.

Padahal bila ditinjau dari segi higienitas, ayam beku ini dapat memberikan jaminan kebersihan. Sebab kondisi pasar yang basah, jika ayam hidup dipotong di sana maka akan banyak bermunculan mikroba. Terdapat rentang waktu beberapa jam, sebelum ayan ini dibekukan di rumah rumah. Dan dalam rentang waktu ini, maka bisa terjadi proses pembusukan.

Dalam hal ini peluang usaha rumah potong ayam modern harusnya lebih tinggi. Sebab usaha ini banyak mengandalkan mesin flake untuk membekukan ayam. Daging ayam yang sudah dibersihkan dan tidak mengandung darah, dibekukan dan disimpan. Sehingga mikroba pada daging ayam tidak sempat berkembangbiak, dan pembusukan pun bisa dicegah.

Mesin flake yang menghasilkan es dalam bentuk serpihan sendiri bisa langsung digunakan, untuk membekukan daging ayam dalam waktu singkat. Karena suhu dari ice yang dihasilkan bisa berada pada -15 derajat celcius dan berbentuk flake, sehingga pendinginan lebih merata ke seluruh bagian daging ayam.

Selain memberikan jaminan kebersihan dari produk ayam yang didistribusikan, rumah potong ayam juga dapat menjadi stabilitator harga suplai ayam di Indonesia. Menteri perdagangan pun sempat menyebutkan harapannya, agar rumah potong ayam modern bisa lebih banyak dibangun. Karena konsumsi daging ayam per harinya saja bisa sangat besar.

Hal ini memperjelas bahwa peluang usaha rumah potong ayam memang menjanjikan, dan prospektif dari segi bisnis. Anda pun dapat menyasar klien swalayan atau supermarket besar yang membeli dengan sistem borongan. Tentu meski dijalankan dengan teknologi modern, penyembelihan tetap dilakukan dengan syariat sehingga bisa dijamin kehalalannya.

Memang mendirikan rumah potong ayam yang modern akan membutuhkan biaya di awal, untuk menghadirkan beberapa mesin termasuk mesin flake untuk membekukan daging ayam. Meski begitu, ini bisa menjadi investasi jangka panjang yang dapat memberikan lebih banyak keuntungan ke depannya. Bahkan usaha ini pun dapat memberikan kontribusi pada stabilitas pasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *