Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai jenis es yang memiliki kegunaan yang tidak hanya baik untuk menyimpan dan mengawetkan produk makanan namun juga bisa dimanfaatkan untuk proses pendinginan beton dalam industri konstruksi dan bangunan. Jenis es ini adalah Es Flake/Es Serpihan disebut serpihan karena memang dari segi bentuk dari es tidak beraturan, sama seperti pecahan kaca dengan ketebalan antara 1-1,2 mm saja. Secara khusus es serpihan ini memiliki karakteristik tipis, kering, tidak mudah menggumpal satu sama lain sehingga jika langsung diaplikasikan ke produk makanan atau konstruksi dapat dengan cepat mendinginkan bahan material. 

Es Flake Untuk Mengawetkan Ikan

Es Flake Untuk Mengawetkan Ikan

Jika ditinjau dari cara kerja mesin es flake ini tidak jauh berbeda dengan jenis mesin es yang lainnnya. Berikut ini adalah proses kerja mesin es flake dalam menghasilkan es serpihan: 

  • Dalam proses refrigerasi memiliki kesamaan dengan mesin es tube, cube maupun balok, gas dengan tekanan yang rendah langsung masuk ke dalam pipa evaporator yang melingkari seluruh ruang tabung drum dimana tabung drum es ini memiliki double layer (lapisan). 
  • Disaat yang sama bahan baku air dipompa sehingga mengaliri seluruh tabung drum es pada sisi permukaannya 
  • Air yang mengaliri permukaan tabung secara cepat akan berubah menjadi es yang mengitari seluruh permukaan tabung 
  • Setelah es flake terbentuk maka selanjutnya pisau dalam mesin akan memotong dan menghancurkan es flake yang menempel tersebut 
  • Es flake yang sudah terpotong akan langsung jatuh ke dalam Bin (penampung es) yang letaknya tepat dibawah tabung drum es. 

Proses dari bahan baku air sampai menjadi es yang siap dipanen hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat yakni hanya 15-20 menit saja. Untuk daya yang dibutuhkan terbilang rendah dan efisien dimulai dari kapasitas produksi 500 kg per hari yang hanya membutuhkan daya sekitar 2,34 KW saja. Pilihan kompressor yang digunakan dapat menyesuaikan kebutuhan beberapa diantaranya adalah merek dari pabrikan terkemuka seperti DanfossCopeland dan Bitzer. 

Mesin Es Flake ini secara luas dapat dipakai oleh Supermarket/Swalayan yang membutuhkan es untuk mengawetkan aneka macam frozen food, ikan, daging. Perusahaan pengolahan produk perikanan seperti produk tuna kemasan kaleng juga membutuhkan es untuk mengawetkan tuna hasil tangkapan nelayan yang belum diproses atau masih dalam antrian untuk diolah. Bagi Anda yang memiliki usaha pemasok/juragan ikan tentunya juga membutuhkan es untuk tetap menjaga kesegaran ikan ketika dalam satu hari belum terjual habis maka ikan tersebut harus disimpan dalam suhu rendah agar keesokan harinya tekstur dan kesegaran ikan terjaga dengan baik. 

Baca juga: Fungsi Es Flake untuk Konstruksi dan Pertambangan

Kami dari Koller Indonesia dapat membantu menyediakan Mesin Es Flake berkualitas dengan spesifikasi mesin yang bermacam-macam, kapasitas produksi harian mulai dari 500 kg sampai 20 ton. Bila ada pertanyaan ataupun ingin berkonsultasi seputar produk Mesin Es Flake segera hubungi Sosial Media atau  CS Sales kami 

Telp/WA: 082298808180 (Donny)/082197678585(Ana).  

Instagram: koller.id 

Facebook: Pandu Distributor 

Dengan senang hati kami akan membantu Anda