Sekilas Mengenai Mesin Es Kristal

Mesin Es Kristal

Mesin Es Cube

Mesin Es Tube Kristal

Mesin Es Tube Kristal

Mesin Es Batu/Mesin Es Kristal secara umum terdiri atas 2 (dua) jenis yang sering kita jumpai di pasaran yakni Mesin Es Tube dan Mesin Es Cube perbedaannya hanya terletak pada bentuk es yang dihasilkan oleh masing-masing mesin es saja, jika pada Es Cube berbentuk kubus sedangkan Es Tube berbentuk tabung yang memiliki lubang dtenngahnya, sangat mudah untuk dibedakan. Masyarakat umum menyebut kedua macam es ini dengan es kristal. Mesin es kristal ini secara luas digunakan pada usaha Warung Kopi, Cafe, Restoran, Bar, maupun tempat usaha sejenis yang lain. Keunggulannya produksi es yang dihasilkan oleh mesin es kristal ini adalah terletak pada higienitas dan jernih/bening sehingga ketika es dimasukkan ke dalam gelas akan terlihat mempercantik minuman yang disajikan.  

Selain itu ukuran es batu yang kecil akan mempermudah pekerjaan kita, berbeda dengan es batu yang berbentuk balok yang mengharuskan kita untuk memecahnya terlebih dahulu, disamping melelahkan juga memakan waktu yang cukup lama. Proses pembuatannya terbilang cukup mudah tinggal memasukkan air ke dalam saluran khusus yang terdapat pada mesin, selanjutnya kita tinggal menghidupkan mesin dan biarkan mesin berjalan untuk melakukan proses pembekuan air. Proses pembekuan memakan waktu sekitar 20-30 menit saja sebelum akhirnya es dapat dikonsumsi. Untuk es ukuran es batu kristal jenis cube dan tube juga bisa disesuaikan dengan keinignan tinggal mengatur pada panel pengaturan yang tersedia. Mengenai bahan baku tentunya saja yang utama adalah air, air yang digunakan disini adalah air bersih tidak harus air matang, Sumber airnya bisa berasal ari air sumur yang secara tampilan sudah bersih tidak keruh kemudian setelah air masuk ke dalam mesin es kristal terlebih dahulu akan diproses oleh mesin RO (Reverse Osmosis) dan hasil akhirnya bisa isebut es kristal. 

Mesin Es Jenis Lainnya

Saat ini tersedia berbagai macam Mesin Es yang dijual dipasaran, misalkan saja Mesin Es Serut yang umumnya digunakan sebagai pelengkap Es Campur, secara tekstur es serut memiliki permukaan yang halus dan cenderung mudah mencair. Penggunaannya mungkin tidak sepopuler es tube maupun cube sehingga tidak semua bisnis yang bergerak dibidang minuman ringan memiliki Mesin Es Serut, Mesin Es Flake merupakan Mesin Es yang menghasilkan produksi es yang berbentuk pecahan atau serpihan kaca dengan ukuran kecil, umumnya es flake digunakan untuk mendinginkan buah dan sayuran yang ada di super market, mendinginkan produk perikanan, serta digunakan untuk media pendinginan konstruksi maupun pertambangan. Mesin Es Bola/Ice Ball Maker merupakan jenis selanjutnya, mesin es ini menghasilkan produk es yang berbentuk bulat yang bening, penggunaan es bola ini terbatas untuk jenis minuman beralkohol seperti Cocktail dan Whiskey yang bisa ditemui di Diskotik ataupun Bar.

Berikutnya Plate Ice Machine/Mesin Es Lempeng, mesin es ini menghasilkan produk es yang berbentuk lempengan yang pipih dan tipis, ketebalannya berkisar kurang lebih 5 mm untuk ukuran paling tipis sedangkan ukuran yang lain bisa di atur antara 8 mm – 10 mm, mesin es lempeng biasanya digunakan sebagai media penyimpanan ikan, pengolahan ikan, dan pengawetan bahan baku kimia dll. Ada lagi Mesin Es Balok, untuk Es Balok mungkin tidak terdengar asing ditelinga kita, Es Balok banyak dijumpai disekitar kita dan banyak dijual dipinggir jalan maupun penjual berkeliling memakai sepeda roda tiga dengan box kecil memuat Es Balok tersebut. Menurut fungsinya hany digunakan untuk mendinginkan ikan maupun barang konsumsi mentah lainnya dan tidak disarankan untuk dikonssumsi secara langsung karena bahan baku pembuatanya berasal dari air sungai (biasanya) dan bahan penjernih seperti tawas. Terakhir, Ice Crusher Machine/Mesin Penghancur Es, mesin es ini hanya berfungsi sebagai pelengkap dari Mesin Es Balok, jika kita ingin menghancurkan es balok maka bongkahan e balok timggal dimasukkan ke dalam mesin penghancur dan siap digunakan utnuk berbagai macam keperluan. 

Keunggulan Mesin Es Batu/Es Kristal Koller 

Koller merupakan merek mesin pendingin yang terkemuka di dunia, telah berpengalaman dalam menyediakan kebutuhan mesin pendingin beserta aksesorisnya sejak tahun 2004 hingga saat ini maka kualitas mesinnya tidak perlu di ragukan lagi, Perusahaan Koller berpusat di kawasan Guangzhou, China untuk kantor sekaligus pabrik sebagai lokasi pembuatan dan perakitannya. Mesin Es Batu Koller terdiri atas beberapa macam, kali ini yang dibahas adalah  Mesin Es Kristal yang menghasillkan produksi es yang layak dan aman untuk dikonsumsi oleh manusia yaitu Es Cube dan Es Tube. Beberapa keunggulannya adalah : 

  • Kapasitas mesin es yang bervariasi, Mesin Es Cube memiliki kapasitas produksi harian paling rendah 20 Kg hingga 20 Ton sedangkan Mesin Es Tube mulai dari 1 Ton hingga 20 Ton per hari. 
  • Proses pembuatan mulai dari air hingga menjadi es batu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20-30 menit saja untuk dipanen 
  • Setiap mesin es yang diproduksi telah memenuhi standar keamanan yang tinggi dengan material Stainless Steel 304, Stainless Steel 304 menjadi material Stainless Steel yang paling serbaguna dan paling banyak digunakan untuk peralatan rumah tangga, angka 304 mengacu pada ketahanan terhadap suhu maksimal yakni 304 derajat celcius 
  • Aksesoris pelengkap seperti kompresor bermerk Bitzer buatan Jerman yang sangat terkenal kualitasnya 
  • Garansi yang kami berikan adalah garansi penggantian spare part jika terjadi kerussakan serta servis cuma-cuma selama satu tahun 

Harga yang kami tawarkan terbilang lebih murah daripada yang lain (harga mesin sudah termasuk instalasi dan training karyawan) 

Mesin Es Tube

Mesin Es Kristal kapasitas produksi 1 ton per hari

Mesin Es Cube

Mesin Es Cube

Kedua jenis es (cube & tube) sebenarnya disebut es kristal karena sama-sama jernih dan bening penampilannya namun masyarakat lebih familiar dengan menyebut es tube sebagai es kristal sedangkan es cube yang berbentuk kubus disebut es batu. 

Spesifikasi Mesin Es Batu Koller 

Mesin Es Batu kapasitas 1 ton per hari

 

Mesin Es Batu

Mesin Es Batu kapasitas 2 ton per hari

 

Mesin Es Batu kapasitas 3 ton per hari

Mesin Es Batu kapasitas 3 ton per hari

 

Mesin Es Batu kapasitas 4 ton per hari

Mesin Es Batu kapasitas 4 ton per hari

 

Mesin Es Batu kapasitas 5 ton per hari

Mesin Es Batu kapasitas 5 ton per hari

 

Mesin Es Batu kapasitas 6 ton per hari

Mesin Es Batu kapasitas 6 ton per hari

 

Mesin Es Batu kapasitas 8 ton per hari

Mesin Es Batu kapasitas 8 ton per hari

 

Mesin Es Batu kapasitas 10 ton per hari

Mesin Es Batu kapasitas 10 ton per hari

Spesifikasi Mesin Es Kristal Koller

Mesin Es Kristal kapasitas 1 ton per hari

Mesin Es Kristal kapasitas 1 ton per hari

 

 

Mesin Es Kristal kapasitas 2 ton per hari

Mesin Es Kristal kapasitas 2 ton per hari

 

 

Mesin Es Kristal kapasitas 3 ton per hari

Mesin Es Kristal kapasitas 3 ton per hari

 

 

Mesin Es Kristal kapasitas 5 ton per hari

Mesin Es Kristal kapasitas 5 ton per hari

 

 

Mesin Es Kristal kapasitas 10 ton per hari

Mesin Es Kristal kapasitas 10 ton per hari

 

 

Mesin Es Kristal kapasitas 20 ton per hari

Mesin Es Kristal kapasitas 20 ton per hari

Deskripsi Spesifik Mesin Es Kristal

Mesin Es Kristal menghasilkan produksi es kristal dengan wujud tabung lubang yang ada di tengah, ukurannya bisa diatur sesuai keinginan ukuran diameter 20, 28, 34, 40 mm dan panjang 30 mm sampai 50 mm. Setiap ukuran es kristal peruntukkannya berbeda setiap ukuran, contohnya ukuran terkecil digunakan untuk mengisi gelas minuman yang umumnya ada di Cafe, Warung Kopi, Bar, dll. Secara teknis Mesin Es Kristal didesain dengan ramah lingkungan dan rendah konsumsi daya sehingga proses pembuatan es kristal bisa efektif dan efisien. Beberapa komponen yang terdapat pada mesin menggunakan material yang berkualitas misalnya pada bagian rangkanya sudah Stainless Steel 304 yang dikenal sebagai salahsatu jenis Stainless Steel yang paling sering digunakan dalam industri peralatan rumah tangga. Alasan lain mengapa Stainless Steel 304 paling banyak digunakan karena ketahanan dan nilai korosi (karat) yang sangat baik. 

Kandungan senyawa yang terkandung pada Stainless Steel 304 terdiri dari baja tahan karat, krom, besi dan nikel. Evaporator merupakan komponen yang juga penting dalam proses pendinginan air menjadi es, evaporator berfungsi untuk menguapkan cairan refrigeran penguapan refrigeran akan menyerap panas dari suatu bahan/ruangan sehingga ruangan di sekitar menjadi dingin maka dalam konteks proses pendinginan es batu, evaporator menyerap suhu yang panas pada air untuk kemudian menguap dan membentuk wujud zat yang baru yang semula cairan menjadi benda padat (es). Refrigeran yang digunakan pada mesin es kristal adalah jenis R404A dimana refrigeran R404A ini paling banyak digunakan dalm industri pendingin. Diperkenalkan pertama kali pada tahun tahun 1990 dikawasan Eropa untuk menggantikan R12 dan R502 yang dinilai sudah tidak ramah terhadap lingkungan lagi. 

Selanjutnya kompresor, kompresor bisa disebut juga jantung atau komponen utama agar sebuah mesin es dapat hidup dan menjalankan proses refrigrasi, mesin es kristal dari Koller menggunakan kompreosr dengan merek Bitzer yang baik reputasinya dan sudah diakui kualitasnya. Pabrikan asal Jerman ini berdiri sejak tahun 1934 dan masih eksis hingga saat ini. Produk kompresornya tidak hanya sebatas untuk industri refrigerasi saja namun juga AC (Air Conditioning) dan transportasi umum. Terakhir komponen PLC yakni singkatan dari Programmable Logic Control dalam Bahasa Inggris, jika di artikan per kata dapat di uraikan sebagai berikut : 

  • Programmable: Sebuah kemampuan untuk menyimpan program yang sudah dibuat dan dimasukkan ke                                          dalam memori dan sewaktu waktu dapa diubah sesuai fungsi maupun kegunaannya. 
  • Logic                  : Sebuah kemampuan untuk memproses input secara aritmatik dan logic yakni mengali,                                             menjumlahkan, mengurangi, negasi and or dan sebagainya.
  • Controller         : Sebuah kemampuan dalam mengontrol dan memproses  sehingga menghasilkan output yang                                sesuai dengan keinginan.

Es Kristal

Es Kristal

Es Kristal Tube

Es Kristal Tube

Deskripsi Spesifik Mesin Es Batu 

Mesin Es Batu adalah mesin yang menghasilkan es yang berbentuk es kotak-kotak, secara bentuk sebenarnya sama seperti es batu kotak yang biasanya kita jumpai di rumah-rumah, bentuk es yang kotak didapatkan dari cetakan yang didapatkan langsung dari kulkas. Jika ditinjau dari efektivitas dan efisiensi maka jelas mesin es cube/mesin es batu ini memang di desain dan di produksi khusus untuk Anda yang memulai bisnis es batu secara komersial. Secara spesifikasi mesin es batu Koller kurang lebih sama dengan mesin es kristal/mesin es tube khususnya dari segi komponen seperti Stainless Steel 304, Evaporator, Refrigeran, Kompresor dan PLC. Mesin es batu Koller sangat ramah terhadap lingkungan karena menggunakan refrigeran jenis Freon yang jenisnya R404A yang sangat banyak digunakann karena tingkat keamanannnya yang tinggi. Jika melihat mesin pembuat es yang ada di pasaran saat ini masih ada yang mengadopsi sistem Amonia.  

Amonia terdiri atas senyawa nitrogen dan hidrogen dengan rumus kimia NH3, beberapa jenis diantaranya amonia yang digunakan dalam industri pendinginan sebenarnya adalah anhidrat selain itu jenis Amonia yang lain juga berguna untuk obat, makanan, bir dan masih banyak lagi. Sebenarnya Amonia sendiri tidak benar-benar aman digunakan karena dikhawatirkan pengguna mesin es beramonia beresiko terkena paparan gas Aminia. Sifat kimia dari Amonia sangat berbahaya jika terkena langsung ke tubuh manusia serta berdampak kurang baik bagi lingkungan sekitar. Beberapa hal yang bisa mencelakai manusia ketika terpapar Amonia secara langsung yaitu risiko kebakaran, terhirup, kontak langsung dengan kulit bahkan ledakan secara tiba-tiba. Menurut laporan yang dirilis oleh lembaga riset yang meneliti bahan kimia menyebutkan bahwa pada tahun 2014 yang lalu produksi Amonia didunia menempati peringkat kedua setelah Asam Sulfat dan diperkirakan pada tahun 2019 produksi Amonia akan naik hingga 200 juta ton lebih. 

Maka dari itu saat ini penggunaan Gas Amonia sebagai refrigeran mesin es batu mulai ditinggalkan dan secara bertahap beralih ke sistem refrigeran Freon, Jenis Freon yang digunakan oleh mesin Koller adalah R404A, R404A dipilih karena relatif aman digunakan sebagai refrigeran karena merupakan jeni freon yang aman untuk lapisan ozon. Beranjak dari pembahasan komponen-komponen yang terdapat pada mesin es batu/mesin es cube, kita beralih pada penggunaan es batu, tentunya es batu bisa digunakan dalam berbagai kebutuhan, namun khusus untuk es batu ini lebih kepada konsumsi secara langsung karena sejak es batu di keluarkan dari bin (atau tempat penampung yang ada di mesin es cube) meskipun bahan baku air minimal harus bersih terlebih dahulu karena dalam proses pembuatannya akan melalui alat bernama RO (Reverse Osmosis) suatu alat yang berfungsi sebagai penyaring molekul dan ion yang terkandung dalam air termasuk juga partikel dari kotoran yang ada di dalam air.  Karena dapat di konsumsi secara langsung maka produksi es yang berlimpah dapat dimanfaatkan untuk kegiatan komersial, seperti dijual secara langsung maupun sebagai pelengkap usaha minuman. 

Es Batu

Es Batu

Es Cube

Es Cube

Tips Memilih Mesin Es Kristal atau Mesin Es Batu

  • Harga memang salah satu pertimbangan yang penting dalam memutuskan untuk membeli sebuah produk tidak terkecuali Mesin Es, dalam beberapa kasus membeli sesuatu barang dengan harga murah tidak selalu menguntungkan dan membeli Mesin Es dengan harga yang mahal tidak selalu memenuhi ekspektasi. Tapi yang terpenting adalah membeli Mesin Es menyesuaikan budget dan kebutuhan masing-masing. 
  • Reputasi dari vendor.pabrikan memang tidak akan pernah dipisahkan begitu saja dalam berkeputusan. Pilih saja vendor Mesin Es yang telah beroperasi lebih dari 10 tahun. Kenapa 10 tahun ? Karena pada proses perjalanan 10 tahun tersebut sebuah vendor Mesin Es akan mengalami pengalaman yang cukup banyak terkait kendala yang dihadapi dalam memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga kedepan pelayanan akan semakin baik.
  • Teknologi dinilai faktor penting, karena Mesin Es termasuk salahsatu produk elektronik maka Anda perlu mempertimbangkan aspek teknologi, karena dengan teknologi yang terbaru semua aktivitas dalam mengoperasikan Mesin Es menjadi lebih mudah dan praktis. Namun tidak cukup sampai disitu saja teknologi mutakhir juga menghemat konsumsi daya. Contohnya Mesin Es yang mengikuti teknologi terbaru akan mengadopsi sistem PLC.
  • Garansi merupakan jaminan kepuasan yang diberikan vendor terhadap konsumen, maka sudah seharusnya memilih Mesin Es yang memberikan garansi, memang hampir semua produk elektronik memberikan garansi kepada konsumennya. Cara yang paling tepat adalah memilih vendor yang memberikan Garansi Servis saja namun juga penggantian sparepart.
  • Pelayanan memberi sebuah kenyamanan, untuk itu pada proses pelayanan yang diberikan kepada Anda seperti pre-sales (pra penjualan). Pre-sales ini berkaitan dengan respon dari penjual terhadaa konsumennya, misalnya penyampaian komunikasi yang baik dan efektif serta solutif dalam menjawab setiap pertanyaan pertanyaan yang diajukan oleh calon konsumen sehingga diharapkan calon konsumen merasa mendapatkan informasi yang cukup sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Kemudian pelayanan After Sales (Purna Jual). Definisi mengenai after sales adalah sebuah layanan yang diberikan oleh vendor setelah konsumen melakukan pembelian, misalnya vendor membuka konsultasi gratis tentang tata cara pemakaian Mesin Es yang baik dan benar, Call Center 24 Jam khusus untuk konsumen, dll. 
  • Produk yang dijual beragam, hal ini menunjukkan bahwa vendor sangat memperhatikan aspek research and development  artinya keetika sebuah vendor Mesin Es  memiliki 1 atau 2 produk unggulan mereka tidak cepat puas dalam mengembangkan produk, misalnya sebuah vendor mesin es memiliki produk unggulan Mesin Es Kristal dan Mesin Es Batu namun sebagai seuah vendor yang ingin lebih luas lagi memiliki diversifikasi produk untuk konsumen lama maupun calon konsumen baru.

Dari keenam poin atau kriteria vendor penyedia mesin es diatas, semuanya sudah dimiliki oleh Koller. Harga yang kami tawarkan terbilang kompetitif dengan vendor sejenis, boleh Anda bandingkan harga produk mesin es yang kami tawarkan dengan vendor yang lain, kalaupun ada selisih tidak akan terlalu banyak. Soal reputasi, jelas kami sudah berdiri selama kurang lebih 15 tahun dan sampai saat ini produk Koller telah menjangkau banyak kawasan di dunia seperti Eropa, Amerika Selatan, Asia Tenggara, Timur Tengah, dll.  

Kebetulan kami PT Pandu Mahardika Perdana adalah kantor perwakilan yang ada di Indonesia bahkan di Asia Tenggara, jadi kami merupakan pemegang lisensi distributor resmi dari produk Koller yang berpusat Di Guangzhou, China yang ada di Indonesia. Calon konsumen yang berada di Indonesia bisa langsung menghubungi kami untuk konsultasi maupun pemesanan mesin es.  

Teknologi yang diadopsi pada setiap mesin Koller merupakan yang paling terbaru saat ini.  Penggunaan PLC adalah salahsatu pengaplikasian teknologi terbaru, dengan PLC aktivitas pengoperasian mesin semakin dipermudah karena kegunaan PLC Mesin Es Batu maupun  Es Kristal Koller ini mencakup keperluan teknik secara berurutan, contohnya mengatur jumlah takaran bahan baku air, mengatur suhu titik beku (-5° sampai -20°C), dll. Secara garis besar PLC merupakan sistem kendali. Kompresor yang kami rekomendasikan menggunakan merek Bitzer buatan dari Jerman yang sudah dikenal kualitasnya. 

Garansi yang kami berikan pada semua jenis mesin es adalah 1 tahun mencakup penggantian sparepart apapun dalam satu tahun jika mengalami kerusakan selain itu kami juga memberikan gratis perbaikan 2 kali dalam setahun dan untuk waktu pelaksanaannya bebas menyesuaikan kebutuhan dari pelanggan jika memang ada keluhan pada mesin. Pengajuan fasilitas garansi prosesnya mudah, cukup menghubungi Call Center kami pada jam kerja Senin-Jumat pukul 09.00-17.00. Pelanggan bisa sampaikan keluhan mengenai kendala pada mesin, jika diperlukan kirimkan foto ataupun video agar mempermudah tim teknisi kami dalam menganalisa kerusakan tersebut. Keluhan pelanggan akan kani proses 1 x 24 Jam untuk melakukan penjadwalan kunjungan ke tempat pelanggan. 

Pelayanan yang kami berikan terbagi atas 2 jenis yakni Pre-Sales dan After Sales. Pada kedua jenis pelayanan tersebut selalu mengutamakan kepuasan dan kenyaman kepada calon pelanggan, Customer Service kami selalu siap sedia dalam menjawab pertanyaan maupun memerikan solusi terbaik terkait informasi apapun yang dibutuhkan sebelum akhirnya pelanggan memberikan keputusan. Setelah melakukan pembelian pun kami juga memberikan layanan konsultasi secara cuma-cuma kepada pelanggan jika dibutuhkan 

Produk Mesin Es yang kami jual tidak terbatas pada Mesin Es Kristal ataupun Mesin Es Batu saja namun ada Mesin Es Balok, Mesin Es Flake, Mesin Es Slurry dan Cold Room, Hal ini menunjukkan bahwa Koller berkomitmen dalam pengembangan dan inovasi produk yang berkelanjutan menyesuaikan permintaan pasar yang berasal dari sektor industri yang berbeda-beda. Berikut ini adalah mesin es yang juga kami jual dengan kegunaannya masing-masing, namun secara umum semua jenis es yang dihasilkan bisa langsung di konsumsi. 

Mesin Es Flake

Mesin Es Flake

  • Mesin Es Flake adalah mesin pembuat es yang berbentuk seperti pecahan kaca, kegunaannya untuk mendinginkan produk perikanan, minuman bahkan ada yang memanfaatkan es flake untuk keperluan pendinginan konstruksi dan pertambangan 
Mesin Es Slurry

Mesin Es Slurry

  • Mesin Es Slurry adalah mesin pembuat es yang berwujud seperti bubur (es dan air), bahan baku es slurry berasal dari air asin, es yang dihasilkan memiliki perbandingan persentase nya 60% es dan 40% air, kegunaannya khusus untuk mendinginkan ikan saja terutama ikan yang berdaging lembut memiliki nilai ekonomi yang tinggi untuk di ekspor seperti Tuna. 
Mesin Es Balok

Mesin Es Balok

  • Mesin Es Balok adalah mesin pembuat es yang berbentuk bongkahan yang memiliki berbagai macam ukuran, es balok mungkin bagi sebagian pedagang sangat familiar karena memang banyak agen es balok. Kegunaannya dipakai untuk pelengkap minuman (dimasukkan ke dalam gelas secara langsung) di restoran-restoran namun sebenarnya es balok kurang higienis jika langsung dikonsumsi karena proses pembuatannya ada yang menggunakan air sungai (tidak semua) belum lagi dari pabrik penyalurannya diteruskan ke agen-agen yang tempat/alas untuk meletakkan nya biasanya hanya berupa plastik yang digunakan berulang-ulang sehingga sterilitasnya kurang baik. 
Cold Room/Ruang Pendingin

Cold Room/Ruang Pendingin

  • Cold Room/Ruang Pendingin adalah mesin yang di desain khusus sebagai storage/gudang ukurannya mulai dari 2,5 x 2 x 2,2 m hingga kapasitas sesuai kebutuhan dengan kapasitas tak terhingga penyimpanan 3 ton, materialmya berbentuk panel dengan bahan Stainless Steel 304 dengan temperatur yang bisa di sesuaikan mulai dari -5°C sampai -40°C. Kegunaannya sangat banyak diantaranya menyimpan es (kristal, batu, balok, flake) yang sudah jadi agar tetap dalam titik beku, menyimpan buah dan sayur agar tetap dalam kondisi segar, ikan, daging dengan catatan semua bahan yang di masukkan ke dalam Cold Room agar dikemas ke plastic bag agar tidak mengotori lantai permukaan dari Cold Room. 

Setelah kami uraikan penjelasan mengenai Mesin Es Kristal dan Mesin Es Batu dan sedikit pembahasan Mesin Es Slurry, Mesin Es Flake, Mesin Es Balok dan Cold Room semoga bisa membuka wawasan Anda mengenai berbagai mesin es bisa dijadikan referensi atau ide dalam membuka bisnis. Jika berkenan kunjungi channel Youtube: Koller Indonesia, Fanspage: Pandu Distributor, Instagram: koller.id. Kami memiliki akun e-commerce sebagai pilihan untuk bertransaksi diantaranya Shopee, Tokopedia, BukalapakLazada dan OLX. Customer Service kami di nomor 082298808180 (Telp/WhatsApp).