Ketika anda terjun ke dunia bisnis rumah potong ayam dan peternakan, tentu saja memilih pakan ayam yang tepat adalah sebuah keharusan. Hal ini dikarenakan makanan menjadi salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh hewan unggas tersebut. Sehingga nantinya ayam akan tetap sehat dan memiliki daging berkualitas

Jenis Pakan Ayam Yang Bisa Anda Pilih

Miliki Nutrisi Yang Tinggi, Berikut 4 Pilihan Pakan Ayam Yang Bisa Anda Coba

1. Pelet

Jenis pakan ini adalah yang paling disukai oleh ayam. Selain disukai oleh ayam, pelet juga menjadi makanan yang biasa dibeli oleh peternak. Hal ini dikarenakan memiliki harga yang cukup terjangkau sehingga lebih hemat. Tak hanya itu saja, pelet juga mempunyai banyak nutrisi sehingga dikatakan menjadi jenis pakan yang efisien.

Bagi anda yang menginginkan untuk memberi pakan ayam yang memiliki nilai gizi dan nutrisi yang tinggi, disarankan untuk menggunakan pelet. Hal ini dikarenakan harga pelet yang lebih ekonomis. Terutama bagi anda yang memiliki banyak ayam broiler di peternakan. Jenis pakan satu ini tentunya harus anda miliki.

2. Dedak Padi

Sebelum membawanya ke rumah potong ayam, ayam tentunya harus diberi makan dengan nutrisi yang cukup. Salah satu jenis pakan yang bisa anda berikan adalah dedak padi atau yang akrab disebut dengan bekatul. Sama halnya dengan pelet, dedak padi juga menjadi salah satu makanan yang cukup populer di kalangan peternak.

Dengan kandungan dari asam aminonya yang tinggi, membuat makanan ini juga memiliki kalori tinggi. Selain itu, di dalam dedak padi juga memiliki kandungan lemak di dalamnya. Namun, ketika anda memberikan pakan ini sebaiknya jangan terlalu lama untuk disimpan. Pasalnya, dedak padi sangat mudah untuk berbau menyengat.

Tentunya ketika dedak padi memiliki bau menyengat dan tengik, sangat tidak disarankan untuk diberikan ke ayam. Oleh karena itu, ketika anda memberikan makanan kepada ayam menggunakan dedak padi, sebaiknya tidak memberikannya makan dalam jumlah yang besar sekaligus karena akan berbau tengik apabila tidak segera dihabiskan.

3. Pollard

Makanan selanjutnya yang bisa anda berikan kepada ayam broiler sebelum membawanya menuju ke rumah potong ayam adalah pollard. Makanan satu ini menjadi salah satu jenis pakan alternatif yang bisa anda berikan kepada ayam. Sebab ketika anda memberikan ayam makanan dari pabrik secara terus menerus, maka hal tersebut akan membuat pengeluaran anda menjadi membengkak.
Meskipun termasuk salah satu makanan alternatif, namun jangan salah banyak sekali kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya. Kandungan tersebut antara lain seperti serat, protein dan juga lemak. Tak hanya itu saja, kalori yang terkandung di makanan ini pun cukup tinggi. Sehingga ayam akan tetap sehat dan lincah setiap harinya.

4. Sorgum

Sorgum menjadi salah satu jenis makanan ayam yang sulit untuk ditemukan. Hal ini dikarenakan hanya beberapa daerah saja yang memiliki pakan ini. dengan kandungan tinggi serat yang dimilikinya, sorgum tentunya mempunyai fungsi yang baik untuk kesehatan pencernaan dari ayam. Tentunya sebagai peternak anda pun wajib memberikannya sebelum dibawa ke rumah potong ayam
Itulah beberapa jenis pakan ayam yang bisa membantu perkembangannya. Ketika anda telah membawa ayam ke RPA dan memotongnya, pastikan anda untuk menyimpannya dengan b enar. Untuk itu, rumah pemotongan ayam yang besar sebaiknya telah menggunakan alat yang canggih, salah satunya mesin es flake yang mampu menghasilkan es batu sehingga daging ayam akan tampak segar ketika anda membelinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *