membuat es campur

membuat es campur

Siapa yang tidak kenal dengan es campur ? Rasanya hampir seluruh masyarakat mengenal jenis minuman yang satu ini. Bagaimana tidak,  es campur banyak ditemui di setiap pinggir jalan kota-kota yang ada di Indonesia, Es campur bisa jadi salahsatu minuman yang menjadi favorit masyarakat di Indonesia, selain karena es campur memiliki rasa yang enak dan menyegarkan juga harganya terbilang masih terjangkau oleh semua kalangan, kisaran harganya antara 4.000 sampai 15.0000 tentu saja harga terendah mungkin hanya bisa ditemui di daerah pedesaan sedangkan untuk harga tertinggi umumnya diwilayah perkotaan. Namun jika berbicara soal es campur ini terkadang masih banyak orang yang menyamakannya dengan es buah. Komposisi dari es campur memang termasuk buah-buahan namun perbandingannya 50%-50% dengan komposisi bahan lainnya.

Es campur cocok dinikmati ketika udara terik dan panas, seperti halnya musim panas di Indonesia, Jika kita sedang membutuhkan minuman untuk melepas dahaga maka kita dapat keluar rumah sejenak untuk mencari penjual es campur disekitar dan dahaga pun sudah terobati, selain dengan membeli sebenaranya kita juga bisa membuat sendiri dirumah dengan bahan bahan yang bisa dibeli di pasar seperti Jangelan/Cao, Dawet, Agara-Agar, Rumput Laut, dll. Tidak lupa juga untuk kuahnya kita perlu membeli sirup, santan (opsional) dan susu,  Tentu saja dengan membuat sendiri di rumah maka kita dapat menghemat pengeluaran dan juga pasti ada kepuasan tersendiri. Namun kita wajib untuk megetahui resep yang baik dalam pembuatannya karenadengan takaran yang pas dapat menjadikan es campur buatan rumah mungkin saja bisa seenak saat kita beli atau bahkan melebihi rasanya.

Berikut ini akan kami berikan resep membuat es campur buatan sendiri di rumah dengan rasa yang tidak kalah dengan es campur beli.

Tips & Trik Membuat Es Campur Yang Nikmat
Persiapan yang harus dilakukan tidak hanya soal bahan saja namun juga pengolahan bahan yang bisa dibuat sendiri di rumah selain isiannya.  Step ini merupakan salahsatu hal yang terpenting yang pantang untuk disepelekan karena akan mempengaruhi cita rasa es campur nantinya, inilah 2 hal yang harus diperhatikan dengan baik.

  • Pembuatan sirup untuk kuah es campur
    Dalam hal pemilihan gula diusahakan agar menggiunakan gula yang berwarna putih bersih, takaran gula agar disesuaikan dengan jumlah air untuk pelarut, perbandingannya yakni 1:1 atau 1:2, artinya 1 sendok air dengan 1 sendok gula atau 2 sendok gula. Pada saat proses pembuatan sirup menggunakan api yang sedang dan terus aduk gula dan air tanpa berhenti sampai semuanya terlarut dengan sempurna, jangan lupa tambahkan 2 lembar daun pandan agar menambah cita rasa.
  • Penggunaan es batu
    Pastikan es batu yang digunakan untuk es campur berbahan air yang matang atau bisa gunakan air galon karena agar tidak mempengaruhi rasa dan kesehatan tubuh nantinya, karena kita tahu bahwa air sumur atau air PDAM tidak layak digunakan untuk konsumsi secara langsung.

Baca juga: Mana Yang Lebih Baik Es Tube atau Es Cube ?

Resep Nikmat Es Campur Buatan Sendiri 

Beberapa bahan inilah yang harus Anda persiapkan diantaranya:

  • 3 sendok makan kolang-kaling
  • 3 sendok makan rumput laut
  • 3 sendok makan cendol
  • 3 sendok makan dawet
  • Tambahkan beberapa buah-buahan (nangka, durian, nanas, melon dll sesuai selera)
  • Kental manis secukupnya
  • Sirup secukupnya
  • Es batu secukupnya

Demikianlah resep membuat es campur buatan sendiri yang layak untuk Anda coba sendiri di rumah jika ada waktu luang. Selamat mencoba !