Keberadaan es batu menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari hari. Hal ini dikarenakan cuaca Indonesia yang cenderung panas, membuat es batu dapat membuat minuman menjadi segar. Namun, es batu pun memiliki banyak jenisnya, seperti yang dibuat dengan menggunakan mesin es balok. Apa saja fakta menarik tentang es batu, simak ulasan berikut.

Fakta Menarik Mengenai Es Batu Yang Perlu Anda Tahu

Fakta Menarik Tentang Es Batu

Dulunya Hanya Bisa Dinikmati Oleh Bangsawan

Pada awal kemunculan es batu, segarnya minuman dengan tambahan es ini hanya bisa dinikmati kaum elit atau bangsawan saja. Hal tersebut dikarenakan keberadaannya yang masih sangat langka dan mahal. Dengan begitu, membuat minuman yang ditambahkan es batu hanya bisa dinikmati oleh sebagian orang saja.

Dulunya, bangsawan yang membeli es batu adalah yang berasal dari kawasan Weltevreden atau daerah Jakarta Pusat dan juga Meester atau yang sekarang menjadi kawasan Jatinegara. Bahkan warga sipil yang berasal dari Belanda dan sedang tinggal di Indonesia pun belum mampu untuk membelinya karena harganya yang cenderung mahal.

Masih Menggunakan Teknik yang Unik

Jaman dulu tentu saja masih belum terdapat mesin es balok. Sehingga, beragam upaya dilakukan untuk membuat es batu dan menjaganya agar tidak mencair. Untuk itu, orang orang yang berada di jaman konvensional pun memiliki cara unik untuk menjaganya agar tetap beku. Salah satunya adalah dengan membalut es batu menggunakan selimut wol.

Dengan begitu, hal ini dapat menjaga agar suhunya tetap menjadi dingin. Selain itu, dengan menggunakan selimut wol ini juga akan menjaga agar es batu tidak mudah untuk mencair. Tentu saja, hal ini sangat berbeda dengan yang terjadi di masa sekarang. Sebab, saat ini anda hanya tinggal memasukkannya ke lemari pendingin atau freezer.

Pertama Kali Diimpor ke Indonesia Tahun 1846

Pada bulan November tahun 1846 menjadi waktu pertama kali Indonesia mengimpor es batu. Es batu ini sendiri pertama kali dibawa oleh Indonesia dengan pesanan dari Roselie en Co. Dimana pesanan tersebut berisi bongkahan es yang sangat besar. Dibawa dengan memakai kapal yang berasal dari Boston menuju ke Batavia atau yang sekarang menjadi Jakarta.

Kedatangan Es Batu Membuat Gempar Masyarakat

Fakta Menarik Tentang Es Batu

Berbeda dengan sekarang yang mudah dibuat dengan menggunakan mesin es balok, kedatangan es batu di jaman dahulu sangat menggemparkan masyarakat. Bahkan datangnya es batu yang pertama kali di Indonesia juga langsung dimuat dalam surat kabar yang bernama Courant.

Kedatangan es batu yang pertama kali ini langsung saja menyebar ke seluruh penjuru Batavia. Ditambah lagi, jaman dahulu es batu merupakan salah satu barang langka yang cukup mewah sehingga tak bisa sembarang orang membelinya. Tentu saja hal ini akan menjadi salah satu topik hangat yang dibicarakan oleh masyarakat.

Munculnya Pabrik Es Batu Pertama di Indonesia

Selama 25 tahun, Indonesia terus menerus mengimpor es batu dari Boston. Namun hal tersebut hanya berlangsung selama 25 tahun saja. Sebab, salah satu masyarakat etnis Tionghoa yakni Kwa Wan Hong akhirnya membuka pabrik es batu pertama kali di kota Semarang.

Kemudian, akhirnya perlahan lahan pabrik es batu mulai dibuka satu persatu di kota kota Indonesia, seperti Batavia, Surabaya dan juga Pekalongan. Hingga saat ini, banyak sekali mesin es balok yang ada di Indonesia. Hal tersebut menyebabkan banyak orang telah bisa untuk membuat dan memproduksi es batu sendiri.

Meskipun saat ini anda dapat dengan mudah untuk menemukan es batu dan harganya yang cenderung sangat terjangkau, dulunya es batu ini merupakan barang langka yang ada di Indonesia. Fakta menarik tersebut tentu saja dapat menjadi salah satu hal unik yang bisa anda ketahui tentang es batu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *