Dulu es batu diperlukan untuk pendingin ruangan bukan dikonsumsi untuk minuman segar. Namun seiring berjalannya waktu, pemilik kedai dan cafe menggunakan es batu untuk sajian minuman. Bahkan kini ada jenis es yang dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan ikan. Lalu muncul banyak perusahaan yang mendirikan pabrik pembuatan mesin es balok. Simak jenis-jenis es sesuai kebutuhannya.

Jenis-Jenis Es yang Perlu Anda Tahu

1. Es Kristal

Dari segi bentuk, es kristal menyerupai silinder berlubang dan tampilannya bening transparan. Rata-rata masyarakat mengenalnya sebagai es tube, bahkan sudah dikenal masyarakat sejak 10 tahun terakhir. Kegunaan es ini sama seperti es batu dan bisa anda temukan di sajian minuman. Biasanya es kristal digunakan oleh kedai, restoran, atau cafe.

Secara fisik es kristal bersih serta tampak seperti kaca, sehingga terkesan mewah untuk hidangan minuman. Harganya pun cenderung lebih mahal dibandingkan es batu pada umumnya. Oleh karena itu jarang warung kaki lima yang menggunakan es kristal ini. Untuk pembuatannya perlu menggunakan mesin es balok, kemudian dicetak dalam bentuk silinder.

2. Es Slurry

Jenis es ini teksturnya seperti bubur dengan komposisi 60 persen es dan 40 persen air. Es Slurry terbuat dari air laut yang mengandung garam, fungsinya untuk mengawetkan hasil tangkapan ikan. Wujudnya yang seperti bubur ini lebih cepat mendinginkan seluruh bagian ikan. Selain itu ikan mudah masuk ke dalam sela-sela, sehingga bisa menampung ikan dalam jumlah banyak.

Biasanya es slurry diletakkan dalam ice box yang cukup besar, lalu diaplikasikan di gudang atau langsung diangkut ke atas kapal. Es kristal sendiri merupakan pecahan dari es balok yang diolah kembali. Pembuatannya pun menggunakan mesin tertentu sehingga bentuk es sama besarnya. Hal ini karena es dicetak menggunakan mesin es balok, lalu dibentuk menjadi es kristal.

3. Es Flake

Es flake cenderung digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti pendingin sayuran dan buah. Biasanya supermarket juga mengandalkan es flake untuk mengawetkan ikan. Bahkan ada yang memanfaatkan jenis es ini untuk keperluan konstruksi dan pertambangan. Oleh karena itu, es flake condong banyak dicari di pasaran karena kegunaannya lebih general daripada jenis es lain.

4. Es Balok

Jenis Es Beserta Kegunaannya

Bisa dikatakan jenis es satu ini sangat familiar di kalangan masyarakat, sebab banyak dijumpai di berbagai tempat. Es balok sering digunakan oleh para nelayan tradisional untuk mengawetkan hasil tangkapan ikan. Hal ini karena harga es ini lebih murah dibandingkan memakai es kristal untuk pengawetan ikan. Cara pembuatannya menggunakan mesin es balok, sehingga ukurannya sama rata.

5. Es Batu

Diantara semua jenis es mungkin es batu lebih sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Bahkan anda bisa membuatnya sendiri tanpa memerlukan bantuan mesin. Cukup masukkan air matang ke dalam cetakan es batu, lalu di dinginkan dalam freezer kulkas. Setelah jadi anda bisa memanfaatkan es batu sewaktu-waktu bila ingin buat minuman dingin.

Lain cerita jika anda memiliki usaha warung atau cafe, tentu membutuhkan alat untuk mencetak es batu. Mesin tersebut bisa membuat es dalam jumlah banyak, dan dalam waktu cepat. Baiknya lagi mesin pembuat es dapat menghasilkan ukuran es batu yang sama. Jadi saat ditampilkan dalam sajian bentuknya cantik dan menarik.

Kebanyakan masyarakat memang awam dengan berbagai jenis es yang beredar. Padahal masing-masing es mempunyai kegunaan sendiri. Bukan untuk pelengkap minuman saja, tapi es sering digunakan sebagai pengawet ikan dan bahan makanan lainnya. Jadi tak heran jika sekarang muncul pabrik-pabrik yang pembuatannya memakai mesin dan lebih efisiensi waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *