Memiliki bisnis rumah potong ayam sekaligus peternakan tentunya perlu memahami dasar dasar dalam merawat ayam, terutama doc ayam. Doc merupakan kondisi dimana ayam baru berumur satu hari. Untuk itu, anda pun perlu merawatnya dengan baik dan benar. Agar tidak salah dalam merawatnya, anda bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Tips Merawat Doc Ayam Dengan Baik

1. Pastikan Lampu Terpasang Dengan Baik

Langkah pertama di dalam memelihara doc ayam dengan tepat adalah memiliki pencahayaan yang cukup. Anda pun perlu menjamin keamanan dari doc ini dengan memasang dan memilih lampu yang sesuai. Pasalnya, dengan adanya lampu akan berguna untuk melindungi doc dari adanya serangan hewan lain seperti tikus maupun kucing.
Tak hanya itu saja, manfaat dari pemasangan lampu tersebut akan membuat tubuh doc ayam menjadi lebih hangat. Ditambah lagi, dengan keberadaan dari aya ini akan membantu penglihatan ayam ketika malam hari tiba. Seperti yang anda tahu, ayam merupakan salah satu hewan yang rabun di kala senja.

2. Memiliki Kandang yang Tertutup

Di dalam berbisnis rumah potong ayam dan peternakan, tentunya anda harus mengetahui cara perawatannya yang benar sejak ayam baru lahir. Untuk kandang doc ayam, ada baiknya anda memilih jenis kandang yang tertutup. Hal ini bertujuan agar nantinya angin yang masuk ke kandang tidak terlalu besar.
Ketika ayam masih berukuran kecil, tentu saja doc tersebut masih belum mampu untuk melakukan adaptasi saat kondisi angin yang bertiup kencang. Hal ini tentu saja berbeda dengan kondisi ayam yang telah dewasa. Semakin kandang memiliki sirkulasi udara yang cukup, maka kondisi kandang tersebut akan semakin baik.

3. Pemberian Vaksin

Tak Hanya Memberikan Pakan Bernutrisi, Berikut 4 Tips Merawat Doc Ayam Broiler

Di dalam merawat doc ayam, vaksin memiliki peranan yang penting. Hal ini dikarenakan jika doc tersebut tidak diberikan vaksin, maka akan menyebabkan ayam tersebut lebih mudah untuk terserang penyakit. Oleh karena itu, biasanya peternak akan memberikan vaksin ini dalam bentuk obat tetes mata.
Dengan pemberian vaksin tersebut sebagai salah satu bentuk dan upaya untuk mencegah doc ayam terserang penyakit. Oleh karena itu, agar ayam tetap sehat hingga siap untuk dibawa ke rumah potong ayam, anda perlu rutin untuk memberikannya vaksin. Selain itu, anda juga bisa memberikan vitamin yang berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh dari doc.

4. Dengan Memberikan Pakan yang Bernutrisi

Ketika ingin memberikan pakan doc ayam, tentunya anda pun tidak boleh sembarangan. Hal ini dikarenakan doc ayam jenis broiler ini tidak bisa mengonsumsi pakan dengan bahan yang kasar. Untuk itu, anda pun perlu memberikannya pakan yang halus seperti jenis bubuk. Selain itu, anda juga perlu memberikannya pakan yang bernutrisi.
Di dalam memberikan pakan doc ayam broiler ini pun tidak boleh sembarangan. Sebab, doc ayam masih belum mampu untuk mencerna pakan dengan baik. Oleh karena itu, anda bisa meletakkan pakan tersebut pada nampan plastik. Hal tersebut bertujuan agar nantinya doc ayam mampu mencekernya dengan mudah. Dengan memberikan pakan yang tepat, ayam akan sehat ketika dibawa ke rumah potong ayam.
Itulah beberapa hal yang perlu anda lakukan ketika ingin merawat doc ayam dengan jenis broiler. Ketika anda memiliki rumah pemotongan ayam, pastikan untuk mempunyai mesin es flake. Pasalnya, mesin satu ini akan berfungsi untuk menghasilkan es batu yang berguna untuk membuat daging ayam akan tetap segar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *