Setelah anda membeli karkas ayam di rumah potong ayam, pastinya anda pun akan mendapatkan daging yang utuh. Tentunya, sebagian orang akan merasa sulit untuk memotong bagian bagian yang terdapat pada karkas ayam utuh tersebut. Oleh karena itu, kali ini akan diulas beberapa tips mudahnya.

Tahapan yang Bisa Anda Lakukan Dalam Memotong Karkas Ayam

1. Siapkan Ayam Terlebih Dahulu

Teknik Memotong Karkas Ayam yang Perlu Anda Tahu

Siapkan ayam yang ingin untuk dipotong. Pertama, anda bisa mengeluarkan ayam dari kemasannya. Kemudian, periksa apakah kondisi ayam masih segar atau tidak. Cara untuk memeriksanya adalah dengan melihat serat dan lemak yang ada di dalam ayam. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan apakah bau ayam masih amis atau sudah anyir.

2. Cuci Ayam

Setelah anda memeriksa bagian ayam masih segar atau tidak, anda bisa mencuci ayam dengan menggunakan air dingin yang mengalir. Tujuan penggunaan air dingin ini agar ayam yang beku lebih cepat untuk meleleh sehingga lebih mudah untuk dipotong. Selanjutnya, anda bisa mengeringkan ayam dengan menggunakan tisu sebelum dipotong.

3. Potonglah Paha Terlebih Dahulu

Ketika anda membeli karkas ayam di rumah potong ayam, pastinya anda akan diberikan ayam dalam kondisi yang utuh sehingga anda perlu memotongnya sendiri. Bagian pertama yang perlu anda potong adalah paha ayam. Cara memotong bagian paha ayam ini sangatlah mudah. Pertama, anda bisa meletakkan ayam di telenan.
Kemudian, pada bagian dada biarkan menghadap ke atas dan tariknya paha ayam dari badannya. Cara ini dilakukan agar anda mengetahui bagian dari otot penghubung yang terletak diantara kaki dan juga tulang punggung. Lalu anda bisa memotong tulang rawan, tempat dimana tulang kaki dan pinggul bertemu. Lakukan cara tersebut pada bagian paha yang lain.

4. Pisahkan Paha Bawah dan Paha Atas

Tips satu ini juga bisa anda gunakan untuk memotong karkas ayam yang anda dapatkan dari rumah potong ayam. Anda bisa memegang kedua sisi paha ayam dengan menggunakan tangan. Kemudian, bengkokkan bagian paha ayam yang atas ke arah belakang. Selanjutnya, anda bisa membengkokkan dengan arah yang berlawanan.
Dengan adanya pembengkokan tersebut akan lebih memudahkan bagi anda untuk dapat menemukan bagian sambungan dari ayam tersebut. Lalu, untuk lebih mudah di dalam memotongnya maka ana pun harus menemukan garis lemaknya terlebih dahulu. Barulah anda bisa memotongnya sepanjang garis lemak tersebut.

5. Potong Sayap Ayam Dengan Benar

Selain bagian paha, anda juga perlu untuk mengetahui bagaimana trik dan tips yang tepat di dalam memotong bagian sayap ayam. Dengan memotong bagian secara benar, maka hal ini akan bisa menghasilkan kondisi daging yang bagus dan memiliki serat yang masih bagus. Sebab, ketika anda salah memotongnya maka bagian serat akan menjadi hancur dan ayam menjadi terbelah.
Untuk memotong sayap dari karkas yang anda beli di rumah potong ayam adalah dengan menemukan sambungan antara bahu dan juga sayap. Disini, anda bisa menggunakan teknik carving knife. Dimana anda bisa memotong tulang rawan dari sambungan tersebut. Kemudian, anda bisa menggunakan teknik ini ke bagian sayap yang satunya.
Di dalam memilih rumah pemotongan ayam yang berkualitas, anda tentunya perlu memperhatikan kesegaran ayam. Salah satu ciri RPA yang bagus adalah yang memiliki mesin es flake. Mesin ini bertujuan untuk menghasilkan es batu sehingga bisa menyimpan daging ayam lebih awet dan dalam kondisi yang segar hingga sampai ke tangan pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *