Teriknya sinar mentari berhasil menghasut Anda untuk mengkonsumsi minuman dingin dan menyegarkan. Sebelum menegak minuman tersebut, alangkah baiknya memperhatikan jenis es batu yang digunakan. Sebab es batu layak dikonsumsi terbuat dari air mineral dan tidak diolah menggunakan mesin es balok. Apa bahaya ketika tidak sengaja mengkonsumsinya ? Berikut ulasannya.

Fungsi Es Batu Balok

Rasanya tidak sulit menemukan es batu balok di pasaran. Ditawarkan dengan harga jauh lebih murah dibandingkan dengan es kristal, membuatnya terlihat lebih menggiurkan untuk dibeli. Namun sayangnya es batu satu ini tidak untuk dikonsumsi, mengingat bahan utama dalam pembuatannya menggunakan air mentah yang kemudian dibekukan tanpa melewati proses filter terlebih dahulu.

Sedangkan air mentah sendiri mengandung sejumlah bakteri jahat yang dapat mengganggu kesehatan tubuh manusia. Ketika tidak sengaja tertelan ke dalam tubuh, maka tidak perlu waktu lama Anda bisa merasakan perut mulai sakit hingga terjadi diare. Inilah sebabnya es batu yang telah diolah menggunakan mesin es balok tidak disarankan untuk dikonsumsi.

Dibandingkan sebagai bahan untuk campuran makanan dan minuman, jenis es batu ini lebih cocok digunakan untuk mengawetkan ikan hasil tangkapan nelayan sekitar ataupun membantu proses pendinginan makanan dan minuman saja. Bahkan banyak dari pedagang buah yang memanfaatkannya sebagai bahan pengawet alami agar buah tetap segar dan menarik dibeli.

Menurut penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa es berbentuk balok lebih disarankan untuk dikonsumsi oleh manusia. Namun es batu ini dapat diandalkan untuk mendinginkan berbagai bahan makanan atau minuman, dan dapat diandalkan sebagai bahan pengawet alami untuk hasil tangkapan ikan nelayan sekitar.

Bahkan mesin es balok mampu menghasilkan sejumlah bongkahan es batu dalam sekali beroperasi, sehingga nelayan tidak akan kesulitan menemukannya. Harganya pun cukup bersahabat, karena proses pembuatannya sendiri telah mengandalkan mesin canggih dan menggunakan air mentah yang ada di sekitarnya.

Bahaya Konsumsi Es Batu Balok

Bahaya Konsumsi Es Batu Balok

Usai mengetahui bahwa es batu balok tidak layak dikonsumsi, kini masyarakat memiliki tugas khusus untuk memantau bahwa produsen menggunakan kedua jenis es batu tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini bisa dilakukan ketika sedang mendatangi cafe terdekat, sambil memesan makanan dan minuman untuk memuaskan perut yang keroncongan.

Anda tidak boleh menyantapnya secara langsung begitu menu yang telah dipesan sampai di meja yang telah tersedia. Sebab Anda harus melihat bahwa minuman dingin tersebut dicampurkan dengan es kristal. Begitu pula ketika hendak membeli ikan segar untuk bahan memasak menu kuliner favorit. Umumnya pedagang memanfaatkan es batu berbentuk balok agar ikan tetap segar.

Kedua jenis es batu ini memiliki fungsi serupa, yaitu dapat mendinginkan benda yang berada di sekitarnya. Namun secara spesifik keduanya sangatlah berbeda dari yang Anda duga. Sebab es batu yang terbuat dari air mentah mengandung sejumlah bakteri jahat, dan dapat memberikan efek berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Selain berasal dari air mentah yang diolah dengan mesin es balok, bakteri yang bersarang pada alat memecahkan es berbentuk balok tidak kalah berbahaya bagi kesehatan. Ketika sejumlah mikroorganisme tersebut secara tidak sengaja masuk ke dalam tubuh, kemungkinan Anda bisa merasa kurang enak badan dengan berbagai gejala lainnya.

Dalam keadaan haus tiada kira, kadangkala Anda tidak peduli dengan jenis es batu yang digunakan untuk mendinginkan minuman tersebut. Di sela menikmati dinginnya minuman tersebut, cobalah perhatikan bentuk hingga warnanya. Jangan sampai sang penjual mencampurkan es batu balok kepada minuman Anda, mengingat es batu tersebut terbuat dari air mentah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *