bisnis warung kopi

usaha warung kopi sederhana

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini kehidupan berjalan dengan cepat dan dinamis, dimana setiap orang setiap hari bekerja dari pagi hingga sore hari dengan berbagai macam rutinitas pekerjaan dijalani. Tibalah waktu malam saat semua orang yang telah penat dan lelah dalam bekerja biasanya mencari hiburan untuk sekedar melepas penat tersebut, beberapa diantaranya adalah nongkrong dan tempat yang banyak dikunjungi orang saat malam hari adalah taman kota, mall, pasar malam hingga warung kopi, untuk lokasi terakhir yakni warung kopi merupakan salahsatu favorit seseorang untuk bersantai, mereka berkumpul untuk sekadar mengobrol dan berinteraksi satu dengan yang lain sambil menikmati kopi, teh, minuman ringan dan tidak hanya itu saja, hidangan pelengkap lain seperti gorengan, kerupuk, sate (usus, ampela, dll). Belum lagi ada fasilitas Wifi dan musik yang semakin membuat pengunjung betah berlama-lama menghabiskan malam. 

Dinilai dalam segi ekonomi hal ini dapat membangun perekonomian ditingkat menengah kebawah, alasannya karena dalam satu warung kopi ada beberapa usahawan yang secara tidak langsung terlibat dalam proses bisnis tersebut. Pelaku usaha yang langsung terjun dalam bisnis warung kopi adalah pemiliknya, dalam hal ini ada pemilik yang juga bertugas untuk menjaga namun tidak sedikit pengusaha warung kopi yang mempekerjakan karyawan, kemudian pengusaha makanan ringan seperti gorengan, kerupuk untuk dititipkan ke pemilik warung kopi dengan sistem bagi hasil keuntungan penjualan dan kebutuhan es batu/es kristal untuk melengkapi sajian minuman yang disediakan bergantung pada agen. Berdasarkan fakta tersebut ada banyak usahawan yang terbantu dalam proses bisnis berjalan. Kalau bisa kita lihat saat ini sangat banyak tersebar warung kopi di sekitar kita dan rasanya setiap warung kopi dapat ditemui di pinggir jalan jarang ada yang sepi atau tanpa pengunjung sama sekali, apalagi jika lokasi strategis, suasana nyaman, tersedia banyak fasiitas mulai dari tempat duduk lesehan, Wificolokan listrik, toilet dan sejenisnya. Tentunya warung kopi yang memiliki banyak fasilitas akan menambah daya tarik bagi pengunjung untuk berlama-lama. 

Tidak ada salahnya Anda mulai memikirkan untuk mendirikan usaha walaupun sederhana seperti warung kopi karena modal yang dibutuhkan relaitf tidak terlalu banyak. Berikut ini adalah tips jitu memulai usaha warung kopi sederhana: 

  • Persiapkan modal usaha setidaknya 15-25 juta 
  • Tentukan  lokasi usaha yang srategis (dipinggir jalan, dekat lokasi kampus, perkantoran, pujaseradll) 
  • Peralatan masak, logistik (bahan makanan/minuman), peralatan makan dan minuman 
  • Televisi, Sound SystemWifi 

Secara sederhana warung kopi bisa didirikan dengan rincian kebutuhan seperti diatas, untuk alokasi dana diperuntukkan sewa tempat, terkait dengan harga sewa ini dimasing-masing daerah berbeda-beda jika dikota kabupaten seperti Sidoarjo biasanya antara 7-15 juta per bulannya itupun lokasi berada di jalan penghubung antar kampung sedangkan untuk lokasi yang benar-benar strategis terletak dipinggir jalan penghubung antar kecamatan harganya bisa diatas 15 juta per tahunnya. Sisnya bisa dialokasikan untuk biaya gaji karyawan penjaga  antara 1-1,5 juta per bulan namun untuk makan. minum ataupun rokok ikut pemilik warung kopi.  

Ditinjau dari aspek perkembangan bisnis ini sepertinya akan mengalami kemajuan ditengah banyaknya generasi milenial maka peminat warung kopi kedepan akan semakin banyak, tinggal memikirkan konsep warung kopi yang sesuai dengan perkembangan zaman, dekorasi, cat, hiasan yang menarik di lokasi warung kopi. Tidak kalah pentingnya adalah mengutamakan pelayanan terhadap konsumen harus prima apalagi ditunjang dengan harga makanan dan minuman yang kompetitif. 

Baca juga: Bisnis Minuman Aneka Rasa Untuk Usaha

Perihal pasokan es, saat ini banyak warung kopi yang menggunakan es kristal sebagai pelengkap untuk mendinginkan minuman, jika Anda membutuhkan mesin es kristal dengan kualitas yang baik sudah teruji selama 15 tahun maka pilihannya adalah Koller. Mesin Es Kristal Koller terdiri dari beberapa kapasitas produksi harian mulai dari 1 ton sampai 20 ton. Komponen utama seperti Evaporator menggunakan pabrikan Bitzer, PLC merek Siemens, Rangka mesin es terbuat dari Stainless Steel SU304 dan masih banyak lagi. Silakan hubungi CS kami, 

Telp/WA: 082262029595 (Donny) / 082197678585 (Ana)                                                                       Instagram: koller.id                                                                                                                                Youtube: Koller Indonesia