Tips Memilih Cetakan Es Batu Yang Baik dan Sesuai

cetakan es

cetakan es batu/DHgate.com

Berbicara soal es batu tak lengkap rasanya jika tidak membahas mengenai tempat cetakan es batu, karena es batu bisa terbentuk karena ada cetakan sebagai tempat untuk menampung air bahan baku agar menjadi es batu. Masyarakat umunya bisa membuat es batu secara mandiri di rumah menggunakan kulkas dan setiap kulkas umumnya disertakan cetakan es batu berbentuk kotak-kotak dan bahan cetakan sudah berstandar layak pangan (food grade). Setiap orang bisa membuat es batu sendiri di rumah denan memanfaatkan cetakan yang biasanya disediakan 2 buah dalam 1 kulkas, meskipun demikian kita bisa membuat es batu tanpa menggunakan cetakan yaitu bisa menggunakan kantong plastik es ukuran setangah kilo atau satu kilo. Ditinjau dari segi kepraktisan memang lebih familiar menggunakan cetakan daripada plastik karena cetakan bisa digunakan berulang-ulang sedangkan plastik hanya cukup sekali pakai, namun itupun juga tergantung keperluannya jika untuk konsumsi pribadi saja cukup menggunakan cetakan beda tujuannya kalau untuk dijual.

Zaman yang sudah modern seperti saat ini muncul inovasi baru terkait cetakan es batu yang beragam dari segi bahan yang digunakan maupun bentuknya. Bahan baku cetakan terbuat dari plastik PP (Poli Propilena) dan Silikon (Karet). Keduanya sudah memenuhi standar kelayakan pangan (Food Grade) sehingga ditinjau dari keamanan bagi kesehatan sudah terjamin, namun perbedaannya adalah jika material cetakan Plastik PP maka setelah es batu jadi harus menunggu agak mencair sedikit batulah es batu bisa dikeluarkan berbeda dengan material Silikon yang sifatnya elastis maka ketika es batu jadi tidak perlu menunggu beberapa saat agar es bisa dikeluarkan melainkan bisa langsung karena elastisitasnya. Tidak lupa soal bentuk cetakan yang bervariasi mulai dari hewan, bunga, karakter kartun, dll, cocok dimiliki oleh pengusaha minuman ataupun restoran yang memiliki konsep yang unik pada setiap sajian minuman kepada konsumen agar menambah daya tarik.

Baca juga: Pentingnya Cold Room Sebagai Media Penyimpanan

Kami Pandu Distributor atau Koller Indonesia merupakan perusahaan distributor mesin es dan ruang pendingin (cold room). Kami berdiri sejak tahun 2018 hingga saat ini telah menjual puluhan mesin es dan cold room yang masing-masing kapasitas produksi terendah 500 kg hingga 20 ton per hari. Keungguan semua mesin kami adalah menggunakan bahan rangka stainless 304 dan 316 didukung oleh komponen-komponen berkualitas dari pabrikan ternama misalnya kompresor memakai BItzer, Copeland, Danfoss; program PLC mennggunakan Siemens dan masih banyak lagi. Oleh karena itu kami lebih menitik beratkan kualitas dengan harga yang rasional. Jika Anda pemula atau memiliki usaha yang membutuhkan es, kebetulan Anda sedang membutuhkan unit mesin es, silakan bertanya mengenai produk-produk kami melalui Telp/WA dinomor 082262029595 (Donny) / 082197678585 (Ana). Dengan sena hati kami akan membantu Anda.