Artikel ini mungkin ditujukan kepada Anda yang ingin berbisnis khususnya mendirikan pabrik es mulai dari awal hingga nantinya berjalan, namun sebelum itu kami akan memberi gambaran mengenai alasan mengapa mendirikan Panrik Es masih sangat terbuka lebar persaingannya dan bagaimana prospek bisnis dari agen es (kristal, batu, balok) di Indonesia. Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis yang terdiri atas 2 musim saja yakni musim kemaru dan penghujan, kedua musim ini masing-masing mempunyai periode berjalan selama 6 bulan. Tentu saja pada musim kemarau yang panas dan terik umunya masyarakat Indonesia banyak yang dehidrasi, membutuhkan asupan air yang cukup, banyak dianatar mereka yang tidak sekedar memnuhi kebutuhan cairan tubuh hanya degan air mineral saja melainkan juga mengkonsumsi berbagai macam minuman es seperti es campur, es degan, es teh, dll. Kesemuannya membutuhkan es sebagai pelengkapnya, anggap saja jika setiap orang mengkonsumsi rerata 300 gram per 3 hari sekali maka dalam satu bulan setiap orang mengkonsumsi es sebanyak 3 kg, jika dalam suatu wilayah kabupaten/kota memiliki populasi sebanyak 50.000 jiwa pengkonsumsi es aktif maka konsumsi es masyarakat di suatu wilayah kabupaten/kota dalam 1 bulan sebanyak 150 ton.

Secara hitungan kasar saja kita mendapatkan nilai yang sangat besar dari segi jumlah es yang dikonsumsi, padahal dalam satu kabupaten populasinya bisa mencapai 1 juta jiwa. Sebagai informasi saja bahwa jumlah hitungan diatas hanya es yang dikonsumsi secara langsung seperti es tube dan es cube sedangkan untuk jenis es yang lainnya seperti es balok banyak juga dipakai untuk keperluan mendinginkan dan mengawetkan ikan, minuman botol maupun bahan logistik lainnya. Setelah mengetahui gambaran mengenai prospek bisnis diatas maka sekali lagi peluangnya masih terbuka untuk mendirikan pabrik es terutama di daerah yang masih berkembang diluar wilayah Jawa, seperti Kalimantan, Sumatera & Sulawesi. Ketiga pulau tersebut perkembangan SDM dan Ekonominya sedang melaju pesat sehingga bisa menjadi rekomendasi untuk Anda. Selanjutnya menentukan lokasi Pabrik yang akan digunakan, pertimbangannya bisa berdasarkan bergeraknya kegiatan ekonomi di sekitar lokasi, banyak pusat kulner contohnya pujasera, warung makan/warung kopi dan masih banyak faktor lainnya.

Baca Juga: Pentingnya Cold Room Sebagai Media Penyimpanan

Kami dari Koller Indonesia menawarkan sebuah kerja sama kemitraan Franchise Investasi Bisnis Pabrik Es Kristal, ada beberapa macam paket yang tersedia mulai dari harga 1,2 Milyar Anda sudah memiliki sebuah bisnis es kristal dengan skala pabrik, kapasitas produksi mesin es kristal mencapai 5 ton per hari, Pertanyaannya dengan harga 1,2 Milyar tersebut apa saja kah yang akan didapatkan ? Informasi selengkapnya Anda bisa menghubungi nomor kontak Sales kami melalui

Telp/WA: 082298808180 (Nordy)