Tips Menyimpan Sayuran Efektif dalam Cold Storage

Menyimpan Sayur dalam Cold Storage

Pasti banyak diantara Anda khususnya para Ibu rumah tangga yang sehari-hari berbelanja untuk kebutuhan dapur untuk menyediakan hidangan makanan untuk keluarga pasti sering membeli berbagai macam sayuran. Sebut saja seledri, buncis, selada, sawi, dll adalah sayuran yang familiar dikalangan masyarakat Indonesia karena beberapa bahan baku masakan Indonesia adalah menggunakannya. Berbicara soal sayuran terkadang kita harus jeli dalam memilih tingkat kesegarannya, karena sayur yang segar akan membuat makanan menjadi lebih nikmat saat disantap. Oleh karena itu disarankan agar jeli dalam memilih dan membeli sayuran, memperhatikan bentuk tampilan apakah masih utuh, ada sebagian sayuran yang dihinggapi oleh hewan contohnya ulat.Setelah membeli sayuran dipasar, biasanya sayur akan dicuci dengan air bersih yang mengalir kemudian keputusannya adalah sayur tersebut langsung dimasak atau disimpan terlebih dahulu untuk stok.

Menyimpan Sayuran

Menyimpan Sayuran

Kali ini kita akan membahas mengenai cara penyimpanan sayuran yang baik dan benar sehingga tidak rusak dan berkurang kualitasnya, tentunya siapapun pasti menginginkan sayuran harus tetap dalam keadaan segar ketika akan dimasak. Umumnya para ibu rumah tangga akan menyimpan segala bahan makanan termasuk juga sayuran ke dalam lemari es/kulkas, tapi masalahnya apakah suhu yang ada di dalam kulkas sudah sesuai untuk sayuran ? Sebetulnya jawabannya tidak pasti artinya tidak ada standar baku temperatur yang khusus untuk menjaga kesegaran sayur, tapi menurut Food Standart Agency (FSA) merupakan sebuah Departemen Non Komersial dari pemerintah Inggris yang bertanggung jawab untuk melindungi kesehatan masyarakat khusunya yang berkaitan dengan makanan yang beredar menyarankan agar suhu Kulkas berada dikisaran 0° – 5° Celcius agar kondisi makanan tetap terjaga dengan baik.

Berdasarkan dari beberapa pengalaman dan cerita dari masyarakat umumnya, suhu yang cocok untuk menyimpan sayur adalah antara 10°C sampai 4°C maksimalnya. Kalau dipikir secara logis pada suhu tersebut merupakan suhu yang fungsinya mencegah kebusukan dan mempertahankan form (bentuk) sesempurna mungkin. Bagaimana dengan penjual sayuran dengan skala menengah-besar, tentunya mereka harus memiliki sistem penyimpanan yang tingkat kedinginannya bisa pas dan cocok diaplikasikan untuk menyimpan sayur, jika membeli box freezer yang dijual dipasaran pada umumnya maka sebagian besar suhu yang disediakan oleh produsen antara 0°C sampai -10°C keatas dikarenakan memang fungsinya untuk membekukan bahan logistik, sehingga kurang cocok digunakan menyimpan sayuran ke dalam box freezer karena akan merusak bentuk dan kandungan nutrisi dalam sayur.

Khusus untuk Anda pedagang sayur skala menengah keatas perlu memiliki sebuah Cold Storage yang sesuai dengan kebutuhan penyimpanan berbagai macam sayuran. Kami merupakan distributor mesin es dan Cold Storage dengan merk Koller, keunggulan dari Cold Storage Koller adalah bisa di custom sesuia keinginan penggunanya, kami telah banyak menjual Cold Storage dengan permintaan khusus dari konsumen yang memiliki usaha bermacam-macam seperti agen es kristal, pengepul ikan, penjual susu, dll. Cold Storage yang kami produksi bisa menyesuaikan bentuk ruangan, suhu nya bisa di atur sesuai keinginan mulai dari 10°C sampai -40°C. JIka Anda memiliki pertanyaan seputar produk Cold Storage kami jangan ragu hubungi CS kami melalui

Telp/WA: 082262029595 (Donny) / 082197678585 (Ana)

Dengan senang hati kami akan membantu Anda.