Perusahaan RPA merupakan sebuah usaha yang sangat menguntungkan jika bisa dikelola dengan baik, meskipun dalam perjalannannya tidak semudah yan dikira banyak orang bahwa punya usaha Rumah Potong Ayam dapat mmeberikan pundi rupiah yang besar, namun pengelolaannya mencakup berbagai banyak aspek yang harus dipenuhi oleh pengusaha maupun perusahaan. Realitanya saat ini tingkat konusmsi ayam di Indonesia sangat tinggi untuk kebutuhan makanan hewani khususnya daging, Di Indonesia sendiri jenis daging yang paing banyak di konsumsi yaitu daging ayam, padatahun 2019 disebutkan bahwa jumlah konsumsi daging ayam mencapai 7 kg lebih per tahunnya. Hal ini menjadi bukti usaha RPA sangat memberikan keuntungan yang melimpah.

Artikel ini sebetulnya memeberikan informasi yang bisa dibilang penting kepada para perusahaan atau pengusaha yang saat ini menjalankan bisnis RPA dimanapun saja. Rumah Potong Ayam berdasarkan nama sudah jelas bahwa kegiatan operasional utamanya yaitu melalkukan pembersihan, penyembelihan, pemotongan, penyortiran sampai pada pada proses penyimpanan atau pengawetan daging ayam itu sendiri. Proses terakhir bisa kami bilang adalah proses yang sangat krusial bagi RPA karena jika penyimpanan dan pengawetan tidak dilakukan dengan tepat dan efisien dapat mempengaruhi kualitas produk dan efektifitas penggunaan anggaran yang telah dialokasikan oleh perusahaan.

Para perusahaan maupun pengusaha masih banyak yang belum mengetahui metode penyimpanan daging ayam yang benar juga dari sisi efektifitas seta efisiensi. Kemap kami bilang seperti demikian ? Jawabannya adalah sebagian besar RPA masih menggunakan es balok sebagai media untuk menjaga kesegaran daging ayam, Biasanya perusahaan RPA yang saat ini masih menggunakan es balok berangkat dari RPA tradisional yang berdiri pada tahun 80 an sampai 90 an akhir dan masih berjalan sampai sekarang menggunakan es balok yang dihancurkan. Berikut ini kami berikan perbandingan efektifas biaya yang dikeluarkan untuk 1000 kg es balok yang didapatkan dengan caa membeli dengan 1000 kg es flake yang bisa Anda produksi sendiri melalui mesin es flake.

Pertanyaannya kenapa perbandingannya harus berbeda jenis es ? Karena jika Anda gunakan es balok, es balok tersebut tidak dapat Anda langsung gunakan untuk mengawetkan daging ayam melainkan harus dihancurkan sesuai dengan keinginan dan kami memberikan solusi yang baik dengan memberikan contoh es flake sebagai pembandingnya karena es flake sendiri sudah dalam kondisi serpihan tanpa perlu di giling. Dalam hal ini jika Anda menggunakan es flake tentu efisiensi waktu yang pasti Anda miliki dibandingkan es balok.

Kita mulai dengan kebutuhan es balok telah kita tahu 1000 kg per hari, harga es balok berat 50 kg per hari sebut saja Rp. 35.000, maka jumlah es balok yang kita butuhkan sebanyak 20 buah. 20 buah es balok dikalikan Rp. 35.000, didapatkan angka Rp. 700.000. Anda tidak salah lihat maupun dengar bahwa 1 hari Anda mengeluarkan uang 700 ribu rupiah. Mari kita beralih pada perhitungan es flake yang bisa Anda produksi sendiri

Mesin Es Flake Koller Indonesia tertera pada plakat memiliki daya 5 kWh, tapi kami ambil saja 5,5 kwh dengan instlasi listrik di lokasi usaha Anda masuk pada golongan B-2/TR (Bisnis Sedang). Selengkapnya lihat pada perincian dibawah ini:

KP10 (Mesin Es Flake kapasitas 1 ton per hari) membutuhkan daya Rp. 5.500 watt

Pada tabel diatas tertera daya listrik 5,5 kW dan harga per kWh untuk listik golongan B-2/TR adalah Rp. 1.450/kWh dan asumsinya untuk mendapatkan 1 ton es maka mesin harus dioperaikan 24 jam. Dibawah ini adalah rinciannya:

Dapat kita saksikan bersama bahwa ketika mesin es flake yang beroperasi dalam waktu 1 hari penuh 24 jam hanya menghabiskan Rp. 191.400 saja, tidak sampai 200 ribu. Anggap saja Anda memakai air sumur atau tanah  yang bisa didapatkan secara gratis. Ketika dibandingkan dengan Anda beli es balok 1 ton selisihnya 500 ribu lebih !

Baca juga: Mesin Es Flake dengan Keunggulan dan Kelebihannya

Yang membuat terasa berat memang untuk mebeli mesinnya saja namun selanjutnya bisa dijadikan investasi jangka panjang kedepan, Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai mesin es flake untuk kebutuhan RPA Anda, tak perlu sungkan untuk bertanya melalui;

Telp/WA: 082298808180 (Nordy)

Instagram: kollerid

Youtube: Koller Indonesia